Silabus MK S1

Silabus Mata Kuliah Mayor NTP

NTP211  Pengetahuan Bahan Pakan 3 (2-3) : Memberikan pengetahuan tentang kriteria kualitas pakan dari segi fisik, dan kimia  serta pengenalan jenis bahan pakan konvensional dan pakan nonkonvensional serta penggunaannya dalam ransum untuk berbagai jenis ternak. (Dr.Ir. Muhammad Ridla, M.Agr)

NTP221 Integrasi Proses Nutrisi 3 (2-3) : Menyampaikan pengetahuan dasar tentang penerapan biokimia dalam ilmu nutrisi terutama mengenai jenis zat makanan dan proses metabolismenya di dalam tubuh ternak. (Dr.Ir. Asep Sudarman, M.Rur.Sc)

NTP222  Fisiologi Nutrisi 3 (2-3) : Mempelajari tentang nutrisi dengan pendekatan fisiologis mulai dari bagaimana mendapatkan makanan, diproses, diserap dan dialokasikan ke jaringan-jaringan tubuh yang memerlukannya didalam organil-organil yang terkait (Prof.Dr.Ir. Dewi Apri Astuti, MS)

NTP231 Pengantar Ilmu Nutrisi 3 (2-3) : Membahas mengenai perkembangan ilmu nutrisi, komposisi pakan dan tubuh hewan, konsumsi pakan, evaluasi kecernaan zat makanan, kandungan dan partisi energi pakan, evaluasi manfaat protein, mineral dan vitamin, manipulasi proses nutrisi dan kebutuhan zat makanan. (Ir. Dwi Margi Suci, MS)

NTP241 Pengantar Manajemen Pastura 3 (2-3) : Membahas tentang peranan dan perkembangan ilmu dan manajemen pastura, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi pastura, penyebaran komoditas biotik hijauan alami, dan pengenalan jenis rumput dan leguminosa pakan. (Prof.Dr.Ir. Panca Dewi MHK, MS.)

NTP312 Teknologi Pengolahan Pakan  3 (2-3) : Membahas tentang tujuan, fungsi dan manfaat teknologi pengolahan, sifat fisik dan sifat kimia bahan pakan, klasifikasi jenis teknologi pengolahan pakan standar mutu pakan olahan secara nasional dan internasional, kebijakan teknologi pengolahan serta pengaruhnya terhadap kualitas nutrisi, daya simpan dan tingkat penggunaannya  secara optimum untuk ternak. (Dr.Ir. Muhammad Ridla, MAgr.)

NTP313  Industri Pakan  3 (2-3) : Membahas mengenai ruang lingkup industri makanan ternak mulai dari sejarah  perkembangan industri pakan nasional dan internasional, alur proses produksi pakan di pabrik, bahan baku pabrik pakan, prinsip kerja dan pengoperasian mesin-mesin produksi meliputi teknik grinding, mixing, pelleting exrution dan expansion, perubahan nilai nutrisi bahan selama prosesing, teknik maintenance mesin dan alat serta teknik packaging produk pakan. (Prof.Dr.Ir. Yuli Retnani, MSc.)

NTP323 Mikrobiologi Nutrisi 3 (2-3) : Mempelajari tentang ilmu mikrobiologi nutrisi dan aplikasinya yang berkaitan dengan ilmu nutrisi dan makanan ternak. (Dr.Ir. Suryahadi, DEA.)

{mospagebreak}

NTP332 Nutrisi  Ternak Unggas  3 (2-3) : Membahas perkembangan industri perunggasan di Indonesia dan penerapan ilmu nutrisi unggas; peranan dan penggunaan air, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin pada unggas; kebutuhan zat nutrisi dan pemberian pakan unggas konsumsi dan unggas hias, teknik pemberian pakan pada ayam pedaging, ayam petelur fase pertumbuhan dan ayam petelur fase produksi. (Dr.Ir. Rita Mutia, MAgr.)

NTP333 Nutrisi Ternak Perah  3 (2-3) : Menjelaskan pengetahuan tentang permasalahan pakan ternak di Indonesia, pola produksi dan komposisi susu, sintesis susu, partisi zat makanan, respon produksi terhadap zat makanan, kebutuhan zat makanan, teknik pemberian pakan, kelainan metabolis, problematic penelitian nutrisi ternak perah. (Dr. Despal, S.Pt,M.Sc.Agr)

NTP334  Nutrisi Ternak Pedaging  3 (2-3) : Membahas tentang beberapa aspek nutrisi dan  non nutrisi yang mencakup daya guna  dan kebutuhan  cara pemberian pakan dan selanjutnnya dibahas mengenai  peranan nutrisi untuk menghasilkan produk dalam masing-masing program usaha yang ada dalam  industri ternak pedaging. (Ir. Kukuh Budi Satoto, MS.)

NTP342  Ilmu dan Manajemen Pastura  3 (2-3) : Membahas tentang pengetahuan dan pengelolaan pastura baik murni   maupun terintegrasi dengan tanaman pangan perkebunan dan kehutanan, bentuk-bentuk padang penggembalaan, sistem penggembalaan, tekanan penggembalaan, kerusakan dan perbaikan pastura, suplementasi pastura, kapasitas tampung dan komposisi botani, konservasi hijauan pakan, prasarana dan sarana ranch yang berhubungan dengan manajemen pastura. (Prof.Dr.Ir. Panca Dewi MHK, MS)

NTP414  Manajemen Industri Pakan 3 (2-3) : Membahas mengenai aspek-aspek manajemen produksi pakan dari mulai input-proses  sampai output yang dihasilkan.  (Dr.Ir. Heri A. Surkria, M.Sc.Agr)

NTP415 Kebijakan dan Pengawasan Mutu Pakan  3 (2-3) : Membahas tentang kriteria dan metode evaluasi kualitas pakan yang umum digunakan di lapang dan pabrikan,   manajemen mutu terpadu, HACCP pabrik pakan serta standarisasi dan kebijakan pakan yang berlaku untuk pengendalian mutu pakan. (Prof.Dr.Ir. Erika B. Laconi, MS)

NTP435  Nutrisi Ternak Kerja dan Olahraga  3 (2-3) : Membahas tentang penggunaan  hewan kerja (utamannya kuda dan anjing) dipandang dari segi ilmu nutrisi. (Dr.Ir. Didid Diapari, M.Si)

NTP436 Teknik Formulasi Ransum dan Sistem nformasi Pakan  3 (2-3) : Memberikan pengetahuan komputer yang dapat diaplikasikan dalam bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan yang meliputi prinsip-prinsip dalam formulasi ransum, metode penyusunan ransum, model pendugaan kebutuhan nutrisi ternak serta penggunaan program-program aplikasi komputer yang umum dalam industri pakan. (Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc.)

NTP445 Perencanaan Penyediaan Hijauan Pakan  3 (2-3) : Menjelaskan pengetahuan tentang konsep perencanaan, penyediaan hijauan, ciri-ciri wilayah pengembangan peternakan rakyat dan peternakan komersial, metode pengukuran potensi wilayah, pola-pola penyediaan hijauan,  program lintas sektoral, dan pembiayaan pastura. (Ir. M.Agus Setiana, MS)

NTP498 Seminar  1 (0-3)

NTP499 Skripsi  6 (0-18)