Learning Outcomes S3

Expected Learning Outcome Program Doktor Ilmu Nutrisi dan Pakan

Deskripsi

Learning Outcome

1. Kemampuan dibidang kerja

 

1.1 Mampu mengeksplorasi dan mengidentifikasi potensi sumber daya lokal sebagai bahan pakan tropika, dan menelusuri metabolisme nutrisinya di dalam tubuh ternak  secara optimal dan berkelanjutan, sehingga menghasilkan temuan baru yang kreatif, original dan teruji

1.2 Mampu menguasai dan mengembangkan  riset yang menyangkut pengetahuan dan atau teknologi tentang nutrisi dan pakan tropika yang berbasis sumberdaya local dengan menggunakan metode-metode riset yang tepat dan sahih melalui pendekatan keilmuan inter, multi dan transdisipliner.

1.3 Mampu menguasai dinamika pakan tropika berbasis sumberdaya local yang berkaitan dengan kontinyuitas ketersediaannya untuk meningkatkan stabilitas mutu ternak melalui pembuatan regulasi yang tepat.

1.4 Mampu merancang dan menerapkan teknologi baru  atau praktek profesional dalam menghasilkan bahan pakan tropika dan formula aplikasinya yang bernilai nutrisi tinggi untuk peningkatan produktivitas ternak, sehingga mampu memecahkan permasalahan di bidang nutrisi dan pakan untuk kemaslahatan umat manusia, dan mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.

    2. Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai

    2.1  Menguasai ilmu dan penerapan teknologi di bidang riset nutrisi dan ilmu pakan tropika dari sumberdaya lokal secara optimal dan berkelanjutan untuk menghasilkan bahan baku konsentrat, hijauan unggul dan limbah agroindustri sebagai pakan pengganti hi jauan , suplemen dan imbuhan pakan yang telah teruji dan terbukti berkualitas secara ilmiah, yang dapat ditunjukkan melalui kemampuan menyelesaikan masalah oleh nutrisionis dan konsultan di bidang peternakan atau dalam bentuk publikasi  oleh peneliti dan akademisi, sehingga mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional.

    2.2   Menguasai dan mengembangkan hasil-hasil riset di bidang ilmu nutrisi  dan teknologi pakan tropika berbasis sumberdaya lokal yang bersifat kreatif, original dan telah teruji melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner dalam praktek profesional sebagai pengusaha dan konsultan.

    2.3  Menguasai dan mampu membuat regulasi yang berkaitan dengan optimalisasi pemanfaatan hasil-hasil riset berupa temuan baru yang telah teruji di bidang nutrisi dan pakan tropika dari sumberdaya lokal, sehingga dapat digunakan untuk kemaslahatan umat manusia secara berkelanjutan dalam praktek profesionalnya sebagai birokrat.

     

    3. Kemampuan Manajerial

    3.1 Mampu membuat perencanaan, dan mengembangkan  pengetahuan dan riset di bidang ilmu nutrisi dan pakan tropika yang menggunakan sumberdaya lokal untuk peningkatan produktivitas ternak yang berguna untuk kemaslahatan umat manusia.

    3.2  Mampu memimpin dan mengelola pengetahuan dan riset di bidang ilmu nutrisi dan pakan tropika didalam kelompoknya dan mampu mengelola diseminasinya hasil-hasil riset tersebut, sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat dan maslahat untuk kepentingan masyarakat .

    3.3   Mampu melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan kelompoknya, mengelola pembelajaran diri sendiri secara efektif, mengkomunikasikan informasi, argumen, analisis, yang relevan  dengan bidang ilmu nutrisi dan pakan tropika dalam berbagai bentuk media penyampaian kepada masyarakat.