Articles


Dalam rangka memperluas wawasan mahasiswa INTP yang mengambil mata kuliah Ilmu dan Manajemen Pastura serta mata kuliah Perencanaan Penyediaan Hijauan Makanan Ternak (253 mahasiswa), pada tanggal 7 Desember 2010 telah dilakukan parktek lapang di Unit Pendidikan dan Penelitian JonggoL (UP3J). Menggunakan 6 buah truk sewaan dari Yonif dan 1 buah mobil klinik nutrisi keliling mereka berangkat dengan penuh semangat dan keceriaan.

Mahasiswa dan tim pendamping sampai di Jonggol pukul 08.30, beristirahat di guess house selama 30 menit, kemudian praktikan dibagi sesuai kelasnya masing-masing. Dosen saat itu (Ir. Asep Tata Permana, MSc dan Nur Rochmah K., SPt., MSi) memberikan pengantar dan penjelasan singkat mengenai materi praktikum.
Materi praktikum Ilmu dan Manajemen Pastura meliputi analisis kapasitas tampung dan komposisi botani di padang penggembalaan di Jonggol. Kegiatan dilaksanakan di 4 paddock, yaitu paddock satu yang berada di dekat kandang domba, paddock dua daerah stasiun cuaca, paddock tiga dekat pabrik pakan dan paddock empat bersebelahan dengan kandang ayam. Keempat paddock ini dipilih untuk mendapatkan data kondisi padang penggembalaan, meliputi kesediaan hijauan, kecukupan kuantitas dan kualitas hijauan untuk ternak. Hijauan segar diambil sampel untuk dianalisis bahan kering di kampus Darmaga. Data yang diperoleh akan menjadi dasar bagi perbaikan paddock oleh pihak manajemen Jonggol.

Materi praktikum Perencanaan Penyediaan Hijauan Makanan Ternak meliputi analisis peta wilayah Jonggol, pengukuran bangunan yang ada, analisis kelayakan dan pembuatan rencana pengembangan Jonggol oleh mahasiswa. Mahasiswa dibagi dalam kelompok kecil beranggotakan sekitar 5 orang, kemudian menyebar pada beberapa area untuk melakukan pengukuran.

Kegiatan praktikum berjalan lancar dan dapat diselesaikan menjelang tengah hari. Mahasiswa kemudian berkumpul di guess house untuk beristirahat, sholat dan makan. Acara selanjutnya berupa penimbangan bahan segar (untuk analisis kapasitas tampuang), diskusi, dan acara bebas. Mahasiswa kembali ke Darmaga sekitar pukul 15.00. (ssi)