Arsip Berita


Pada tanggal 26 Mei 2012 bertempat di Auditorium JHH Fakultas Peternakan IPB,  Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER) menyelenggarakan Workshop Pakan Kelinci. Workshop ini bertemakan “Strategi Produksi Pakan Kelinci Organik untuk Mendukung Swasembada Daging”. Workshop yang dibuka oleh Ketua Depatemen INTP  Dr.ir. Idat Galih Permana, MSc. menghadirkan para pembicara antara lain Dr.Ir. Mursyid Ma’sum M.Agr. (Direktur Pakan), Prof.Dr.Ir. Nahrowi, MSc. (Guru Besar Ilmu Pakan), Dr.Ir. Husmy Yumiarti, MS. (Himpunan Masyarakat kelinci Indnesia), dan  Wahyu Darsono, SPt. (Kopeternak Kelinci Bogor). Workshop ini dimoderatori oleh Dr. Anuraga Jayanegara MSc.SPt serta dihadiri oleh para praktisi dan mahasiswa peternakan.

Workshop Pakan Kelinci

 

Dalam kesempatan workshop tersebut Dr. Mursyid menyampaikan strategi penyediaan pakan nasional khususnya dalam mendukung swasembada daging. Dr. Musyid juga menyampaikan potensi ternak kelinci yang pakannya tidak tergantung pada impor. Dalam kesempatan berikutnya Prof. Nahrowi menyampaikan strategi dan teknik pembuatan pakan kelinci yang berbasis pakan lokal. Selain teori, Prof. Nahrowi juga mempraktekkan pembuatan pakan kelinci.

 

Pembicara berikutnya, Dr. Husmy memaparkan berbagai potensi dalam peternakan kelinci, sekaligus tantangan yang dihadapi para peternak. Dalam workshop ini terungkap bahwa permasalah utama yang selalu dikeluhkan oleh peternak adalah masih sulitnya mencari sumber bibit serta pemasaran produk kelinci. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Wahyu Darsono SPt sejak tahun 2011 lalu telah membentuk Koperasi Peternak Kelinci Bogor. Walaupun masih relatif baru, koperasi ini banyak memiliki gagasan yang sangat baik khususnya dalam mengembangkan usaha peternakan kelinci di Bogor. [igp]