Arsip Berita

Sekitar 12 orang mahasiswa yang tergabung dalam Club Nutrisi, Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) berkunjung ke Peternakan Mitra Tani Farm atau yang lebih dikenal dengan MT-Farm. Kunjungan ke MT-Farm ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam pemeliharaan serta bisnis ternak domba.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa di MT-Farm adalah pengenalan kandang penggemukan dan diteruskan dengan kegiatan mencukur domba yang biasa dilakukan di MT-Farm. Dengan menggunakan gunting para mahasiswa sangat antusias mencukur bulu domba sampai tipis dan rapi. Pencukuran bulu dilakukan sekali dalam masa penggemukan untuk mengurangi bulu-bulu yang gimbal dan mencegah kutu. “Idealnya mencukur bulu domba rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali untuk kesehatan domba, namun karena penggemukan kami adalah semi intensif ya kami lakukan 1 kali dalam masa periode jika sudah terlihat gimbal dan kotor”, tutur Budi Susilo SPt, pemilik dan pengelola MT-Farm.

Puas dengan kegiatan mencukur domba para mahasiswa diajak menuju kandang pembibitan yang berkapasitas sekitar 400 ekor indukan dan 40 pejantan domba Garut. Pembibitan ini dimaksudkan untuk menyediakan bakalan yang akan digemukan dan mempertahankan plasma nutfah ternak lokal Indonesia. “Banyak plasma nutfah kita seperti domba garut, domba lokal, sapi bali, kelinci lokal, ayam kampung dan ayam pelung yang belum mendapat perhatian serius sehingga populasinya semakin menurun. Mudah-mudahan dengan pembibitan yang kami lakukan sedikit banyak bisa menjaga dan mempertahankan potensi ternak lokal kita”, Budi Susilo, yang sudah berkarir didunia perdombaan dari tahun 2001.

Program Club nutrisi ini merupakan tahun kedua yang ada dibawah binaan HIMASITER untuk memperkenalkan sekaligus melatih keterampilan mahasiswa di bidang peternakan serta menganalisis masalah dilapangan. Khususnya yang berhubungan dengan nutrisi atau makanan ternak. Dengan adanya club ini, mahasiswa yang tergabung diharapkan lebih trampil dalam mengelola peternakan yang baik dan sehat serta menguntungkan. [himasiter/igp]