Arsip Berita

Sosialisasi Jalur Masuk IPB 2011Banyak pertanyaan yang muncul terkait pelaksanaan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 dalam beberapa pekan terakhir ini. Terkait hal tersebut, Institut Pertanian Bogor melalui acara “SOSIALISASI JALUR MASUK IPB 2011”  yang dilaksanakan di IPB International Convention Center, 5 Februari 2011, mengundang kepala sekolah, guru, serta lima perwakilan siswa dari sekolah-sekolah menengah yang berada di wilayah Bogor dan Depok  untuk mensosialisasikan tata-cara pelaksanaan jalur masuk Institut Pertanian Bogor tahun ini. Dalam tahun 2011 ini IPB membuka beberapa jalur masuk yaitu melalui SNMPTN jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik (dulu USMI), SNMPTN jalur ujian tertulis dan/ atau keterampilan, Ujian Talenta Masuk (UTM), Prestasi Internasional/Nasional (PIN),  dan Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Kenapa IPB? Mengapa sektor pertanian itu penting? Sektor pertanian memainkan peran penting dalam bidang penyediaan lapangan pekerjaan dalam skala besar untuk rakyat. Soekarno (Presiden Pertama RI) pernah berkata bahwa soal makan untuk rakyat adalah soal hidup atau mati. “Kehadiran kalian adalah harapan rakyat Indonesia”, tutur Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., Rektor IPB, saat pembukaan acara tersebut. 

Acara ini juga diikuti oleh 9 Fakultas yang ada di IPB yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakutas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, FMIPA, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, serta Fakultas Ekologi Manusia. Sembilan fakultas tersebut membuka stand dengan dekorasi yang unik sesuai ciri khasnya, membagikan leaflet, dan tanya jawab untuk memudahkan guru maupun siswa untuk memperoleh informasi lebih dalam mengenai program studi yang akan dipilih. Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh performance  dari Flavalicious, Agriaswara, Gentra Kaheman,  Pembacaan Puisi, serta Max IPB. Dua MC acara ini (Atis dan Imam) pun tidak kalah semangat. “ Colourfull IPB, Mencari dan Memberi yang Terbaik”, seru kedua MC saat itu. Pembagian doorprize juga membuat acara ini semakin ramai.

Kesempatan ini juga menjadi ajang show up untuk Fakultas Peternakan sendiri. “Fapet kali ini harus tampil lebih segar dan lebih menarik”, ucap Dr. Ir. Moh. Yamin, M.Agr. Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB. Hal senada juga diucapkan oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB. Beliau juga berkata bahwa kita tidak hanya bekerja dikandang, dan Peternakan itu sendiri merupakan sektor penting dalam penyedia protein hewani yang penting untuk tubuh.

Tidak hanya lefleat serta stand yang didesain menarik yang membuat tamu undangan berdatangan. Di stand Fapet sendiri juga mengadakan undian, doorprize serta pembagian marcandhise. Susu dan yoghurt yang merupakan produk peternakan juga dibagikan pada acara tersebut. 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh calon peserta yang akan mengikuti jalur masuk IPB khususnya jalur SNMPTN 2011, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi jalur masuk dengan baik. “Selain pintar, pilihan yang akan kita pilih juga harus realistis, jangan hanya memilih program studi tertentu saja, tetapi harus melihat program studi lain yang potensial seperti yang ada di Fakultas Peternakan IPB”, tutur Dr.Ir. Idat G. Permana, MSc.Agr., Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB,  kala menjelaskan pada para siswa/siswa SMA saat itu. Kita harus tetap menjadi tuan rumah di negara kita sendiri, di Indonesia. So, tunggu kejutan lain yang akan dilakukan Fapet  IPB ya. [OE/igp]