Arsip Berita

Fransisca ketika di Belanda

Dalam rangka meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam dunia peternakan khususnya di luar negeri, pada awal Januari lalu 2 orang mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB, Fransisca dan Raymundus G. Laras telah berangkat ke luar negeri untuk mengikuti program magang internasional. Fransisca, yang juga mahasiswa berprestasi Fakultas Peternakan tahun 2008, berangkat ke Amerika Serikat mengikuti International Exchange Program of The Ohio State University. Fransisca magang di peternakan sapi perah di Ohio selama satu tahun. Sebelumnya Fransisca juga telah mengikuti magang melalui International Student Training "Stichting Uitwisseling" di negara Belanda selama 6 bulan.

Program serupa juga diikuti oleh Raymundus yang berangkat minggu lalu ke Denmark. Raymundus yang juga salah satu mahasiswa terbaik Departemen INTP berkesempatan untuk mengikuti “Agricultural Internship Program in Denmark” (Agri Lida) selama satu tahun. Selama berada di Denmark Raymundus akan bekerja di peternakan sapi perah. Dalam beberapa bulan mendatang dua orang mahasiswa Departemen INTP, Bayang dan Corry, juga akan berangkat ke Denmark menyusul rekannya yang sudah terlebih dahulu berangkat.

Pada tahun 2010 lalu sebanyak empat orang mahasiswa Departemen INTP telah berangkat ke Belanda untuk mengikuti program magang internasional “Stichting Uitwisseling”, mereka adalah Deliana, Sienna, Chandra dan Fransisca. Dari keempat mahasiswa tiga orang diantaranya sudah kembali ke Bogor.

Departemen INTP sangat mendorong kegiatan magang di luar negeri, mengingat program magang di luar negeri banyak memberikan manfaat terutama pengalaman kepada mahasiswa dalam mengasah kemampuan komunikasi bahasa asing, meningkatkan keterampilan dalam bidang peternakan serta sekaligus belajar mengenal budaya asing. [igp]