Arsip Berita

Musyawarah Nasional (Munas) Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) Ke-3 yang diselenggarakan di IICC-IPB berlangsung tanggal 21-22 Desember 2010 telah menelorkan beberapa hasil, diantaranya penyempurnaan/amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FPPTPI, penyusunan program kerja, pertanggung jawaban Sekjen FPPTPI  periode 2007-2010 serta pemilihan Sekjen periode 2011-2014. Munas ini dihadiri dari 17 pimpinan pendidikan tinggi peternakan baik Dekan/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Peternakan, diantaranya dari Fakultas Peternakan UGM, UB, UNS, UNAND, UNHALU, UNIB, UNILA, UNJA, UNDANA, UM Malang, UM Banjarmasin, UM Bengkulu, UNIDA, Universitas Al Zaitun, serta IPB yang juga sebagai tuan rumah. Acara Munas dibuka oleh Rektor IPB yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.Dr. Yonni Koemaryono, serta dilanjutkan dengan Keynote speech oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM, PhD.

Beberapa program kerja FPPTPI yang telah disusun antara lain: kerjasama dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam sensus ternak 2011, penyusunan konsep monitoring dan evaluasi (monev) program Sarjana Membangun Desa, serta penyusunan konsep pendidikan tinggi peternakan berbasis kewirausahaan, serta program berskala nasional lainnya.

Dalam Munas ke-3 ini terpilih secara musyawarah Dr.Ir. Luki Abdullah, Dekan Fakultas Peternakan IPB, sebagai Sekretaris Jenderal FPPTPI periode 2011-2014 menggantikan Prof.Dr. Hartutik, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang telah menjabat sebagai Sekjen sejak tahun 2007. Dalam pidatonya Sekjen FPPTPI baru, Luki Abdullah, mengajak kepada seluruh anggota forum pendidikan tinggi untuk lebih bekerja sama untuk membantu pemerintah dan berkontribusi dalam pembangunan peternakan di Indonesia.

Pada hari ke-2, para seluruh peserta Munas mengikuti 'Campus Tour' di Kampus IPB Darmaga. Peserta dibawa ke labioratorium lapang untuk melihat berbagai fasilitas lapang Fakultas Peternakan IPB. Beberapa fasilitas yang dikunjungi peserta antara lain Rumah Potong Hewan, Unit Pengolahan Susu, Kandang Sapi Laktasi Eco-Farm, Unit Pembesaran Pedet, Pabrik Pakan, Broiler Close House serta Laboratorium Satwa Harapan. Diakhir acara seluruh peserta bergabung seluruh staf pengajar Fakultas Peternakan IPB untuk menikmati makan siang ala 'BBQ Fapet IPB'. [igp]