Filter
  • Focus Group Discussion : Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Nutrisi dan Teknologi Pakan

    Livestockreview.com, Bisnis. Tantangan pembangunan peternakan di Indonesia tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan memiliki kecakapan/kompetensi yang dapat diandalkan. Bidang pekerjaan dan keahlian pada sektor peternakan cukup beragam dengan kompleksitas keahlian pada aspek-aspek hulu dan hilir industri peternakan. Bidang pekerjaan peternakan juga sudah menjadi bidang pekerjaan global, dimana persaingan posisi dan jabatan sudah menjadi komoditas internasional.Salah satu aspek hulu dalam industri peternakan adalah industri pakan ternak. Pakan merupakan komponen terbesar, berkisar pada 70-80% dalam komposisi biaya usaha peternakan. Faktor efisiensi dan optimalisasi produksi pakan akan memberi dampak pada efisiensi dalam kegiatan usaha peternakan.

    Efisiensi dan optimalisasi ini sangat erat kaitannya dengan aspek teknis operasionalisasi produksi dan kualitas pakan. Operasionalisasi industri pakan ternak memerlukan dukungan sumber daya manusia berkualitas di bidangnya, antara lain sumber daya manusia dalam bidang nutrisisionist (kekhususan tertentu berdasarkan komoditas ternak), formulator, pengawas mutu pakan/quality kontrol, dan kepala gudang serta agrostologist.

    Mutu lulusan perguruan tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti mutu input mahasiswa, proses pembelajaran, infrastruktur pendukung baik fisik (laboratorium, farm) maupun SDM (kualifikasi pengajar) dan kurikulum pembelajaran yang dipergunakan. Orientasi lulusan peternakan khususnya dalam bidang Ilmu Nutrisi dan Pakan harus diarahkan menjadi sebuah profesi. Profesi yang dimaksud adalah pengakuan keahlian atas kompetensi dalam bidang nutrisi dan pakan serta tersertifikasi.

    Melihat hal itu, Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) memandang perlu adanya suatu ujung tombak yang dapat mengakselerasi bidang keahlian sekaligus menguji kualitas (quality control) dari keahlian-keahlian dibidang Nutrisi dan Pakan Ternak. Untuk menelaah hal itu, AINI hari ini, 15 Desember 2012 menggelar sebuah workshop, yang merupakan realisasi dan tindak lanjut dari cita-cita AINI untuk pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang nutrisi dan pakan sudah menjadi keharusan dan tuntutan pasar tenaga kerja. Hal ini dapat terlaksana dengan bekerjasama dan melibatkan lembaga/instansi lainnya seperti Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Perguruan Tinggi, Asosiasi Industri Pakan (GPMT) dan Pemerintah.

    Tujuan workshop adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang pentingnya sertifikasi profesi di bidang Nutrisi dan Pakan Ternak antara akademisi, asosiasi profesi, industri pakan dan asosiasi industri pakan, serta pemerintah; menggagas pembentukan lembaga sertifikasi profesi bidang Nutrisi dan Pakan Ternak sebagai ujung tombak quality control keahlian di bidang Nutrisi dan Pakan Ternak, yang berafiliasi lisensi dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP); serta mendeklarasikan kerjasama dan integrasi para pihak terkait dan membentuk Tim Kerja sebagai penggagas dan pelaksana pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang Nutrisi dan Pakan Ternak.

    Source: www.livestockreview.com

  • Pengumpulan Draft Proposal PKM

    Bagi mahasiswa Departemen INTP dimohon untuk mengumpulkan draft proposal PKM ke Sekretariat Departemen pada hari Senin 1 Oktober 2012 pukul 15.00. Draft proposal tersebut akan dievaluasi oleh departemen. [intp]

  • HIMASITER Menggelar Feed Formulation Training

    FFT 2012
    Bertempat di Gedung Pusat Komputer IPB pada (22/9) Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER), Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB menyelenggarakan Feed Formulation Training 2012 (FFT-2012). Acara ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh HIMASITER. Kali ini peserta training banyak yang berasal dari kalangan professional baik dari industri pakan maupun industri peternakan, disamping itu pelatihan ini juga diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Bogor dan Jakarta.

    Register to read more...

  • Pelatihan Good Laboratory Practices

    GLP
    Mengawali semester Ganjil 2012/2013 pada hari Kamis (5/9) sebanyak 30 orang mahasiswa tingkat akhir Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) mengikuti Pelatihan Good Laboratory Pactices (GLP). Prof.Dr.Ir. Dewi Apri Astuti MS sebagai Tutor memulai pelatihan dengan penyampaian materi terkait dengan standar operasional penggunaan laboratorium. Pelatihan GLP ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa Departemen INTP lebih siap dalam melaksanakan penelitian tugas akhir. Selain teori, pelatihan GLP ini akan dilanjutkan dengan praktek penggunaan peralatan-peralatan standar laboratorium. [igp]

  • Kuliah Umum Perunggasan di Indonesia



    Rabu (5/9) di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor menggelar kuliah umum yang bertemakan Industri Perunggasan Indonesia. Kuliah umum ini diselenggarakan untuk memberi pemahaman kondisi keterkinian industri peternakan Indonesia kepada mahasiswa Fapet. Hadir dalam kegiatan ini wakil Dekan Fapet IPB Dr. Ir. M. Yamin, M.Agr.Sc., dosen-dosen bagian pakan dan produksi unggas, semua mahasiswa Fapet IPB, dan Direktur PT Sierad Produce. Tbk Drh. Sudirman sekaligus sebagai pembicara dalam kuliah umum.

    Dalam sambutannya Wakil Dekan menyampaikan pentingnya mahasiswa peternakan saat ini untuk mengetahui kondisi iklim peternakan di Indonesia, khususnya industri perunggasan. Dengan adanya kuliah umum ini, mahasiswa bisa memahami perkembangan dan pengembangan perunggasan Indonesia kedepan, sehingga bisa menyiapkan diri untuk ikut bergerak bersama-sama memajukan industri perunggasan Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa Fapet IPB bersama PT. Sierad Produce. Tbk sudah menjalin kerjasama berupa Sierad Academy, yaitu wadah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama bidang unggas. Kerjasama ini bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk kuliah lapangan, langsung di perusahaan. Mengakhiri sambutannya Wakil Dekan menyampaikan harus adanya kesinambungan dan kerjasama yang kuat antara Academy, Businessman, Government dan Community untuk kemajuan peternakan Indonesia.

    Register to read more...

  • Los Fapetos tampil dalam Meet Cowboy 48


    Los Fapetos
    Acara Masa Perkenalan Fakultas (MPF) Peternakan tahun 2012 ini dimeriahkan dengan penampilan "Los Fapetos". Group penyanyi yang terdiri dari dosen dan pegawai Fakultas Peternakan ini membawakan beberapa buah lagu country dan daerah. Dr. Kartiarso, selaku pendiri Los Fapetos turut juga menghibur dengan membawakan lagu favoritnya. [igp]

  • Indek Kegiatan Kemahasiswaan Departemen INTP

    Indek Kegiatan Kemahasiswaan

    Dalam rangka meningkatkan prestasi kemahasiswaaan dalam bidang non-akademik, mulai Semester Ganjil 2012/2013 Departemen INTP telah menerapkan sistem penilaian Indek Kegiatan Kemahasiswaan (IKK). Penilaian IKK ini merupakan sistem penilaian kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan selama satu semester. Tujuan penilaian IKK adalah: 1) mendorong mahasiswa dalam berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, 2) meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa khususnya dalam hal kepemimpinan, kerjasama dan komunikasi, dan 3) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa dalam kegiatan non-akademik. Mulai semester ini, mahasiswa dapat memasukan penilaian IKK melalui Lecture Management System - Kemahasiswaan. http://lms.ipb.ac.id/course/view.php?id=215

    Kepada seluruh mahasiswa Departemen INTP, wajib mengisi Form Indek Kegiatan Kemahasiswaan (Form IKK) Semester Ganjil dan Genap 2011/2012 dan Form Rencana Kegiatan Kemahasiswaan (Form RKK) Semester Ganjil 2012/2013 melalui LMS - Kemahasiswaan. Panduan Penilaian IKK dapat didownload disini.

  • Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2012/2013

    Berikut ini kami sampaikan Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2012/2013. Pengambilan kelompok praktikum harus disesuaikan dengan Daftar Kelompok Mahasiswa yang dikeluarkan oleh Departemen INTP. Bagi mahasiswa Semester 3, mohon mengambil mata kuliah Dasar Pengolahan Hasil Ternak sebagai pengganti mata kuliah Agribisnis Pangan yang tidak ada.  Mata kuliah ini sudah dijadwalkan pada hari Jumat (lihat jadwal di Departemen ITPT).

    Hari Perwalian akan diselenggarakan pada hari Rabu, 29 Agustus 2012, pukul 10.00 - 12.00 di Ruang Seminar Departemen INTP, seluruh mahasiswa Departemen INTP Angkatan 48 wajib hadir.

    Download File Jadwal Kuliah [pdf]:
    1. Jadwal Kuliah Lengkap
    2. Jadwal Kuliah Semester 3
    3. Jadwal Kuliah Semester 5
    4. Jadwal Kuliah Semester 7

    Download File Kelompok Praktikum [pdf]:
    1. Kelompok Praktikum Mahasiswa Angkatan 48
    2. Kelompok Praktikum Mahasiswa Angkatan 47
    3. Kelompok Praktikum Mahasiswa Angkatan 46

  • Selamat Idul Fitri 1433 H

  • Selamat Datang Mahasiswa Baru INTP

    Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB mengucapkan Selamat Datang kepada pada mahasiswa baru Mayor Nutrisi dan Teknologi Pakan angkatan 49 tahun ajaran 2012/2013 di kampus IPB tercinta. Semoga dapat memberikan prestasi terbaiknya. [intp]

  • Seminar Hari Susu Nusantara dan Kuliah Umum Bersama Dirjend Peternakan dan Kesehatan Hewan

    Bertempat di Auditorium JHH Fakultas Peternakan IPB, Rabu 6 Juni 2011, dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara (HSN), Fakultas Peternakan IPB mengadakan Seminar tentang pentingnya mengkonsumsi susu dan kuliah umum bersama Direktur Jenderal Peternakan dan kesehatan hewan, Ir. Syukur Iwantoro, MS.MBA. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementrian Pertanian, dosen-dosen Fapet IPB, mahasiswa, ibu PKK lingkar kampus, penggerak posyandu, dan guru sekolah dasar. Kegiatan yang bertemakan Minum Susu Segar, Badan Bugar, Otak Pintar ini diikuti lebih dari 450 peserta.

    Register to read more...

  • Workshop Pakan Kelinci


    Pada tanggal 26 Mei 2012 bertempat di Auditorium JHH Fakultas Peternakan IPB,  Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER) menyelenggarakan Workshop Pakan Kelinci. Workshop ini bertemakan “Strategi Produksi Pakan Kelinci Organik untuk Mendukung Swasembada Daging”. Workshop yang dibuka oleh Ketua Depatemen INTP  Dr.ir. Idat Galih Permana, MSc. menghadirkan para pembicara antara lain Dr.Ir. Mursyid Ma’sum M.Agr. (Direktur Pakan), Prof.Dr.Ir. Nahrowi, MSc. (Guru Besar Ilmu Pakan), Dr.Ir. Husmy Yumiarti, MS. (Himpunan Masyarakat kelinci Indnesia), dan  Wahyu Darsono, SPt. (Kopeternak Kelinci Bogor). Workshop ini dimoderatori oleh Dr. Anuraga Jayanegara MSc.SPt serta dihadiri oleh para praktisi dan mahasiswa peternakan.

    Workshop Pakan Kelinci

     

    Register to read more...

  • Pelepasan Wisudawan Departemen INTP

    Pelepasan Sarjana Departemen INTP
    Pada hari Rabu 25 April 2012 IPB kembali mewisuda para lulusan program sarjana, magister dan doktor di lingkungan IPB. Dalam wisuda tersebut Departemen INTP turut meluluskan 26 orang wisudawan. Sebagai lulusan terbaik Departemen INTP sekaligus lulusan Fakultas Peternakan IPB adalah Mega Pratiwi Saragi, dengan IPK 3.70 dengan predikat Cum Laude.
    Selepas acara wisuda kemudian dilanjutkan dengan acara Pelepasan Sarjana Baru yang bertempat di Ruang Audio Visual Fakultas Peternakan IPB. Dalam kesempatan tersebut hadir sebagian besar wisudawan, orang tua, dosen dan mahasiswa Departemen INTP. Acara diawali oleh sambutan Ketua Departemen INTP, Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc.Agr., selanjutnya pesan dan kesan dari Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr.Ir. Luki Abdullah, MSc.Agr. Dalam sambutannya Ketua Departemen berharap para sarjana baru dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya untuk kesejahteraan peternak.
    Acara Pelepasan Sarjana ini juga menampilkan hiburan kreasi mahasiswa Departemen INTP yang tergabung dalam Himpunan Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) diantaranya "Nutricustic" dan musik melayu dari Ani . Dalam acara ini para undangan juga berkesematan untuk mendapatkan door price. Acara diakhiri dengan doa. [igp]

    Acara Pelepasan Sarjana

  • Kuliah Online

    Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) Fakultas Peternakan IPB kembali mengadakan kuliah online melalui Video Conference. Kuliah online ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Universitas Jambi dan IPB bertempat di Gedung Pusat Komputer IPB. Video Conference kali ini membahas "Evaluasi Kualitas Protein" yang disampaikan oleh Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc.Agr. Video Conference ini juga dihadiri dosen dari ketiga universitas.

    Sejak semester Ganjil 2011/2012 beberapa mata kuliah di Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan telah menerapkan Bleanded Learning System dalam pembelajaran, yaitu perkuliahan tatap muka yang dipadukan dengan pembelajan online berbasis web dengan memanfaatkan LMS-IPB (Lecture Management System IPB). Mata Kuliah yang sudah siap dalam menerapakan perkuliahan online tersebut diantaranya MK Pengantar Ilmu Nutrisi, Fisiologi Nutrisi, Nutrisi Ternak Perah, Nutrisi Ternak Unggas, Metodologi Peneliitian dan Teknik Formulasi Ransum & Sistem Informasi Pakan. Kumpulan MK online yang ditawarkan Departemen INTP dapat dilihat di web: http://lms.ipb.ac.id/course/category.php?id=24. [intp]

    LMS Pengantar Ilmu Nutrisi

  • Monev PKM Departemen INTP

    Monev PKM 2012

    Pada hari Kamis 29 Maret 2012 Departemen INTP melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini ditujukan selain memantau kegiatan pelaksanaan PKM juga untuk mempersiapkan mahasiswa mengikuti Pekan Ilmiah IPB (PIM-IPB) dan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Kegiatan Monev ini diikuti oleh 26 kelompok mahasiswa yang mendapatkan pendanaan PKM dari Dikti untuk tahun 2012.

    Tim Monev PKM Departemen INTP terdiri dari Dr. Anuraga Jayanegara (Komisi Kemahasiswaan), Dr. Despal (Komisi Penelitian), Dr. Sri Suharti (Komisi Pendidikan) serta dihadiri juga oleh Ketua dan Sekretaris Departemen INTP. Melihat kemajuan dan hasil yang dicapai oleh kelompok PKM, Departemen INTP optimis dapat mengusung kelompok PKM untuk bisa tampil pada ajang PIM-IPB  dan nantinya bisa masuk dalam PIMNAS di Jogjakarta. [igp]

  • Kuliah Online via Video Conference

    Video Conference
    Hari Senin, tanggal 26 Maret 2012 bertempat di Gedung Pusat Komputer IPB diselenggarakan perkuliahan online melalui fasilitas Video Conference (Vicon). Vicon ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Andalas (UNAND), Universitas Jambi (UNJA) dan mahasiswa IPB sendiri. Sebagai pembicara dalam kuliah tersebut adalah Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc.Agr, dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB, dengan topik "Evaluasi Kecernaan dan Nilai Nutrisi Pakan". Selain dihadiri mahasiswa, kegiatan Vicon ini juga dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah Pengantar Ilmu Nutrisi dari ketiga Universitas.

    Pada semester Genap 2011/2012 mata kuliah Pengantar Ilmu Nutrisi menawarkan perkuliahan online dengan menggunakan faslitas LMS-IPB (Lecture management System) dengan alamat http://lms.ipb.ac.id. Kegiatan Vicon perdana ini cukup mendapat perhatian dan antusiasme yang baik dari mahasiswa, baik mahasiswa UNAND, UNJA maupun IPB. Rencananya kegiatan Vicon berikutnya akan diselenggarakan pada hari senin tanggal 2 April 2012 pukul 13.00- 15.00 WIB. [igp]

  • Rabuan Bersama & INTP Award 2012

    INTP Award bagi Dosen INTP
    Pada hari Rabu, 21 Maret 2012 bertempat di Auditorium Fakultas Peternakan diselenggarakan Rabuan Bersama Dosen dan Mahasiswa Departemen INTP. Rabuan ini merupakan pertemuan rutin dalam rangkan Kuliah Umum dan pengumuman INTP Award. Kegiatan ini dihadiri seluruh staf dosen dan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana semua angkatan.

    Dalam kuliah umum kali ini mengusung tema “Etika Kehidupan Kampus” disampaikan oleh Dr. Nurmala K. Panjaitan,MS. DEA. Tema ini sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di kampus.

    Dalam semester ini INTP Award terdiri dari berbagai kategori, antara lain INTP Award untuk dosen dengan nilai EPBM tertinggi, Mahasiswa Berprestasi Departemen, Mahasiswa S1 dengan IPK dan IPS tertinggi, Mahasiswa Pascarajana dengan IPK tertinggi dan Mahasiswa yang memiliki kegiatan ektrakurikuler terbaik.

    Dosen yang memperoleh nilai EPBM tertinggi dalam perkuliahan pada semseter Ganjil 2011/2012 adalah Prof.Dr.Ir. Erika B Laconi MS, Dr. Despal MSc.Agr., Prof,Dr.Ir. Dewi Apri Astuti MS, Dr.Ir. Idat G. Permana MSc.Agr. dan Prof.Dr.Ir. Nahrowi, MSc., sedangkan dosen dengan nilai EPBM tertinggi dalam praktikum adalah Dr. Despal MSc.Agr., Dr.Ir. Rita Mutia, M.Agr., Ir. Widya Hermana, MSi., Dr.Ir. Idat G. Permana MSc.Agr. dan Ir. Dwi Margi Suci, MS.

    Mahasiswa Berprestasi INTP 2012
    Mahasiswa Berprestasi Departemen INTP tahun 2012 diberikan kepada Fajrin Sidiq, Ardiansyah, Siti Nurjanah dan Dyah Retno Pembayu. INTP Award untuk kategori IPK tertinggi pada setiap semester masing-masing adalah Amalia Ikhwanti dan Tenti Rahmawati (semester 3); Debora Kristina dan Ardiansyah (semester 5); dan Rika Zahera dan Dea Justia Nurjana (semester 7). Mahasiswa yang memperoleh INTP Award untuk katagori IPS tertinggi pada masing-masing semester adalah: Santa Lusya S dan Cindy Septia Dora (semester 3); Ivan Novianto dan Dyah Retno Pembayu (semester 5); Gusti Artama Gultom dan Dara Oktia Sari (semester 7).

    Dalam Rabuan kali ini INTP Award juga diberikan kepada mahasiswa Pascasarjana. Mahasiswa program Master yang mendapatkan INTP Award adalah Kokom Komalasari, Arif Darmawan dan Mohammad Magfuri, sedangkan mahasiswa Program Doktor yang memperoleh INTP Award adalah Suharlina dan Mucharomah Prayuwidayati.

    INTP Award juga diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi dalam kegiatan ektrakurikuler. Pada semester ini INTP Award bidang ekstrakurikuler jatuh kepada Muhammad Esa Putra, peserta kongres di Harvard University, Boston-USA; Hendra Nugraha mahasiswa yang memperoleh 3 mendali emas dalam acara Dekan Cup 2012; dan Any Anggrainy, mahasiswa yang memperoleh Juara 1 Penyanyi Dangdut pada IPB Art Contest 2012.

    Selamat kepapa seluruh dosen dan mahasiswa yang memperoleh penghargaan, semoga kedepan semakin meningkat prestasinya. [igp] 

     

  • Mahasiswa INTP Juara Umum Dekan Cup 2012

    Tim Senam Aerobik  INTP 46

    Dekan Cup (DC) merupakan ajang kegiatan olahraga civitas Fakultas Peternakan IPB yang rutin digelar setiap tahunnya. Dekan Cup tahun ini memasuki tahun ke-25 semenjak ajang ini digelar pada tahun 1987. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc. Agr. dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini di Gelora Olahraga dan Seni IPB (11/3), menyebut DC tahun ini adalah DC perak karena sudah memasuki tahun ke-25. Ajang bergengsi yang memperebutkan piala bergilir ini selalu ramai dimeriahkan oleh semua civitas Fapet IPB untuk beradu gengsi, strategi dan fisik menuju juara. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai 18 Maret 2012 memiliki tema "menjadikan generasi muda yang sehat dengan jiwa dan kepribadian yang aktif dalam kekeluargaan dan sportifitas."

    Cabang-cabang olahraga yang diperlombakan diantaranya sepakbola, futsal, badminton, atletik, tenis meja, basket, voli dan senam aerobik. Sebagai peserta DC adalah semua civitas Fapet IPB yang meliputi tim dosen dan staf karyawan, tim old stars/alumni, tim mahasiswa yang terdiri dari tim pascasarjana, tim IPTP 45-47, tim INTP 45-47 dan tim mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) 48. Semua tim bertarung untuk menjadi sang juara Dekan Cup.

    Register to read more...

  • Pembukaan Dekan Cup 2012

    Pembukaan Dekan Cup 2012

    Bertempat di Gelora Olahraga dan Seni IPB, Minggu (11/3) BEM Fakultas Peternakan IPB menyelenggarakan pembukaan Dekan Cup 2012. Dekan Cupmerupakan kegiatan rutin tahunan Fakultas Peternakan IPB yang di isi oleh kegiatan olahraga dan seni untuk semua civitas Fapet. Tahun ini panitia memperlombakan cabang olahraga diantaranya Futsal, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, dan Atletik. Adapun dari cabang seni tahun ini diselenggarakan lomba senam aerobik. Hadir dalam pembukaan Dekan, Wadek, Ketua Departemen IPTP dan INTP, staf pengajar, tenaga kependidikan, perwakilan HANTER (Himpunan Alumni Peternakan), karyawan serta Mahasiswa Fapet. Acara yang diselenggarakan dari tanggal 9 sampai 21 Maret ini mengangkat tema “Menjadikan generasi muda yang sehat dengan jiwa dan kepribadian yang aktif dalam kekeluargaan dan sportifitas.”

    Register to read more...

  • Seleksi Mapres Fakultas Peternakan

    Seleksi Mapres Fapet 2012
    Pada hari ini Senin, 5 Maret 2012 diselenggarakan seleksi Calon Mahasiswa Berprestasi Fakultas Peternakan IPB tahun 2012. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 7 orang calon Mapress dari Departemen IPTP dan INTP. Ketujuh calon Mapress tersebut adalah Acep Usman Abdullah, Nov Andrian, Slamet Heri Kuswanto (Departemen IPTP); Fajrin Sidiq, Ardiansyah, Dyah Retno Pembayu, Siti Nurjanah (Departemen INTP). Seleksi calon Mapres tersebut meliputi nilai IPK, Kegiatan Ektrakurikuler, Kemamouan Bahasa Inggris dan Kepribadian. [igp]
     

  • Selamat Tahun Baru 2012

    Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012. Semoga di tahun 2012 ini kita semua diberi kesuksesan dalam menjalankan berbagai aktivitas. Amien.

  • Rabuan Bersama & INTP Award 2011

     

    Rabuan Bersama Departemen INTP yang diselenggarakan tanggal 5 Oktober 2011 di Auditorium JHH merupakan acara rutin Departemen INTP, dihadiri oleh dosen, pegawai, mahasiswa program sarjana dan mahasiswa program pascasarjana. Dalam kesempatan tersebut Ketua Departemen, Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc. menyampaikan Sosialisasi Penggunaaan LMS IPB. Saat ini ada 7 mata kuliah yang sudah online, antara lain Teknik Formulasi Ransum dan Sistem Informasi Pakan, Metodologi Penelitian dan Rancangan Percobaan, Nutrisi Ternak Unggas, Nutrisi Ternak Perah, Pengantar Ilmu Nutrisi, Seminar dan Tugas Akhir. Pemanfaatan LMS sebagai sarana perkuliahan dengan Blended Learning System dapat dimanfaatan dosen dalam pembelajaran di Departemen INTP. Ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran kuliah online sangat tinggi seperti yang disampaikan oleh Ketua Departemen.

    Register to read more...

  • Dr.Anuraga Jayanegara - Doktor Baru Departemen INTP

    Anuraga
    Anuraga Jayanegara salah seorang dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, pada tanggal 1 September 2011 lalu telah berhasil mempertahankan disertasi pada Ujan Doktor di EHT Zurich, dengan judul disertasi "Modulation of Ruminal Methanogenesis and Biohydrogenation of Fatty Acids by Phenols Present in Tropical and Temperate Forage Plants" dibawah bimbingan Prof. Dr. Michael Kreuzer.

    Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc. adalah lulusan Departemen INTP IPB tahun 2003 dan merupakan lulusan terbaik IPB. Anuraga menyelesaikan program Master di Hoehenheim Univeritaet, Jerman pada tahun 2008, kemudian pada tahun yang sama Anuraga melanjutkan studi doktornya di ETH Zurich, Swiss. Anuraga aktif menulis di jurnal-jurnal internasional, beberapa tulisannya pernah mendapatkan penghargaan peringkat pertama ‘Top 25 Hottest Article’ dari Science Direct pada jurnal Animal Feed Science and Technology, periode April-June 2009. Anuraga juga pernah mendapatkan penghargaan Media Peternakan Scientific Paper Award tahun 2009. Saat ini Anuraga juga merupakan reviewer jurnal internasional Animal Feed Science and Technology, Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition, bidang nutrisi dan pakan. Anuraga memiliki seorang istri dan dikarunia seorang putra. Selamat Herr Doktor. [igp]

    Blog Dr. Anuraga Jayanegara, SPt. MSc.  http://anuraga.staff.ipb.ac.id

  • Fapet Golden Week (FGW) 2011

    Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB bekerja sama dengan ISMAPETI (Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia) mempersembahkan Fapet Golden Week (FGW) 2011 dengan tema "Bakti Peternakan untuk Negeri". FGW akan diselenggarakan pada 16-18 September 2011 di Fakultas Peternakan kampus IPB Dramaga dengan tiga rangkaian acara utama yaitu :
    1. LKTIP (Lomba Karya Tulis Ilmiah Peternakan)
      Tema : Teknologi dan Inovasi Peternakan Ramah Lingkungan
    2. Seminar Nasional
      Tema : " Peternakan Ramah Lingkungan untuk Bumi dan Peternak yang Lebih Baik "
    3. FIA  (Fapet in Action)
      Kampanye pentingnya protein hewani dan lomba bertemakan lingkungan

    Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingya penerapan konsep peternakan ramah lingkungan, 2) mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menuangkan ide inovatif menjadi sebuah karya tulis ilmiah, 3) memperkenalkan pentingnya protein hewani bagi peningkatan kecerdasan bangsa, dan 4) mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa peternakan seluruh Indonesia. Target acara ini adalah mahasiswa peternakan seluruh Indonesia, mahasiswa TPB (Tingkat Persiapan Bersama) IPB, Siswa SMP, Siswa SD, dan masyarakat lingkar kampus.

    Informasi lengkap tentang FGW 2011 di http://fgw2011.wordpress.com

  • Dosen INTP partisipasi dalam SAADC 2011 di Thailand

    Dalam rangka meningkatkan peran dosen dalam ajang ilmiah internasional, sebanyak 8 orang dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan hari ini berangkat ke Thailand untuk mengikuti The 3rd International Conference on Sustainable Animal Agriculture for Developing Countries -SAADC 2011, yang diselenggarakan di Nakhorn Ratchashima, Thailand tanggal 25-29 Juli 2011. Dosen yang akan berangkat antara lain Prof. Nahrowi, Prof. Komang G. Wiryawan, Prof. Erika B Laconi, Prof. Dewi Apri Astuti, Dr. Panca Dewi MHK, Dr. Yuli Retnani, Dr. Luki Abdullah dan Dr. Idat G. Permana, masing-masing akan mempresentasikan karya ilmiahnya dalam forum seminar tersebut.SAADC adalah forum ilmiah internasional yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, tahun ini SAADC diikuti oleh 600 peserta dari 42 negara.

    http://saadc2011.com/

  • Refleksi Perjalanan Pengabdian Dr.Ir. Kartiarso MSc.

    Hari Rabu 27 April 2001 bertempat di Ruang Sidang, Departemen INTP menyelenggarakan Acara Refleksi Perjalanan Pengabdian Dr.Ir. Kartiarso MSc. Acara ini merupakan apresiasi Departemen atas pengabdian Dr. Kartiarso yang telah memasuki masa pensiun dan hingga saat ini telah mengabdi selama 37 tahun. Acara ini dihadiri tidak hanya oleh staf pengajar Departemen INTP, staf pengajar Departemen IPTP, mahasiswa bimbingan serta para purnabakti juga turut hadir. Dalam kesempatan tersebut Ketua Departemen INTP, Dr. Idat G. Permana menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dr. Kartiarso atas pengabdian dan dedikasinya selama ini.  Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Luki Abdullah juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Dr. Kartiarso.

    Dr. Kartiarso adalah staf pengajar Departemen INTP sejak tahun 1974, menyelesaikan program S1 dari Fakultas Peternakan IPB tahun 1974, S2 dari Los Banos Philippina dan S3 dari Queensland University Australia. Selama menjadi staf, Dr. Kartiarso juga pernah menjadi Animal and Agricultura Science Coordinator pada Indonesian Australia Eastern University Project sejak 1998-2003. Sejak tahun 2007 hingga masa pensiun Dr. Kartiarso adalah Kepala Bagian Nutrisi Ternak Terapan di Departemen INTP. Dr. Kartiarso yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Arso jadalah pencipta lagu Mars Fakultas Peternakan. Selamat Pak Arso, terima kasih atas pengabdiannya. [igp]

  • Club Nutrisi HIMASITER goes to MT-Farm

    Sekitar 12 orang mahasiswa yang tergabung dalam Club Nutrisi, Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) berkunjung ke Peternakan Mitra Tani Farm atau yang lebih dikenal dengan MT-Farm. Kunjungan ke MT-Farm ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam pemeliharaan serta bisnis ternak domba.

    Kegiatan yang dilakukan mahasiswa di MT-Farm adalah pengenalan kandang penggemukan dan diteruskan dengan kegiatan mencukur domba yang biasa dilakukan di MT-Farm. Dengan menggunakan gunting para mahasiswa sangat antusias mencukur bulu domba sampai tipis dan rapi. Pencukuran bulu dilakukan sekali dalam masa penggemukan untuk mengurangi bulu-bulu yang gimbal dan mencegah kutu. “Idealnya mencukur bulu domba rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali untuk kesehatan domba, namun karena penggemukan kami adalah semi intensif ya kami lakukan 1 kali dalam masa periode jika sudah terlihat gimbal dan kotor”, tutur Budi Susilo SPt, pemilik dan pengelola MT-Farm.

    Register to read more...

  • Ir. Abdul Djamil Hasjmy MS - Meninggal Dunia

    Telah meninggal dunia Ir. Abdul Djamil Hasjmy MS, dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB, pada hari Selasa 12 April 2011 pukul 18.30. Seluruh keluarga besar Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya dan semoga Almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. [igp]

  • Dua Mahasiswa Departemen INTP Seminar di Taiwan

    Delegasi mahasiswa IPB di TaiwanDua mahasiswa Departemen INTP, Sarah Janette dan Rossy Endah Ayu Anggreini bersama dengan empat kelompok  mahasiswa IPB lainnya berperan aktif sebagai dalam Seminar Internasional - The Second Annual Indonesian Scholars Conference (AISC) di Taipe-Taiwan. Dalam seminar yang diselenggarakan tanggal 17-20 Maret 2011 tersebut keduanya mempresentasikan makalah yang berjudul "Utilization of Millled Tea Waste in Diet Reduce Methan Production".  Pemanfaatan pellet limbah teh sebagai pereduksi methan pada ternak ruminansia sangat relevan dengan isu global. Keberhasilan kedua mahasiswa tersebut dalam Go-Internasional ini, menyusul rekan-rekan mahasiswa lainnya yang telah mengikuti berbagai program internasional, diantaranya magang internasional di Belanda dan Denmark. [igp]

  • Mahasiswa INTP 45 Juara Umum Dekan Cup 2011

    Mahasiswa Departemen INTP angkatan 45 keluar sebagai Juara Umum kejuaraan olahraga Dekan Cup 2011 Fapet IPB. Kegiatan Dekan Cup 2011 yang berlangsung selama dua minggu ditutup secara resmi oleh Dekan Fapet, Dr.Ir. Luki Abdullah MSc. Acara penutupan diselengarakan bertepatan dengan Rabuan Bersama, 30 Maret 2011, dan dihadiri oleh seluruh staf dan mahasiswa Fakultas Peternakan. Acara dimeriahkan penampilan senam aerobik dari mahasiswa INTP 46 serta pembagian door prize. [igp]

  • Titis A.P. Apdini - Mahasiswa Berprestasi Fapet 2011

     

    Titis A.P. ApdiniSetelah mengikuti seleksi yang cukup ketat akhirnya Titis Anugraheni Putri Apdini terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Peternakan IPB tahun 2011. Titis Anugraheni Putri Apdini yang biasa dipanggil Titis adalah mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan angkatan 44. Titis yang dilahirkan di Ponorogo tanggal 13 Agustus 1990 adalah mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi, kepribadian yang baik serta memiliki banyak prestasi dan pengalaman dalam kegiatan kemahasiswaan. Predikat Mahasiswa Berprestasi ini adalah mengulang prestasi yang pernah diraihnya pada tahun 2010 lalu.

    Titis aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan antara lain di Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER), serta sebagai Ketua IAAS LC-IPB International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS LC-IPB). Titis juga aktif dalam mengikuti berbagai seminar baik nasional maupun internasional. Kegiatan seminar internasional yang pernah diikuti adalah seminar internasional yang diselenggarakan di University Putra Malaysia tahun 2009, pada seminar tersebut Titis menyajikan makalah yang berjudul "The beneficial of Sapidus rarak to reduce methane emission in ruminant'. Pada tahun yang sama Titis juga menghadiri "IAAS Conference - Biodiversity Now, Food for Tomorrow" yang diselenggarakan di Mexico.

    Register to read more...

  • Pembukaan Dekan Cup 2011

    Pada hari Minggu, 19 Maret 2011 bertempat di Gymnasium IPB, Dekan Fakultas Peternakan IPB secara resmi membuka Kegiatan Dekan Cup 2011. Acara diawali dengan jalan sehat bersama mengelilingi kampus IPB Darmaga, dimulai dari depan Gedung GWW dan berakhir di Gedung Gymnasium. Jalan pagi sehat diikuti sedikitnya 450 orang mahasiswa, pegawai dan staf pengajar beserta keluarga.

    Selama 2 minggu penuh mahasiswa dan staf Fakultas Peternakan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh mahasiswa BEM. Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain futsal, volley, basketball, tenis meja, badminton serta senam aerobik. Kegiatan ini selain untuk menjaga kesehatan juga untuk menumbuhkan rasa persatuan dan persaudaraan warga Fakultas Peternakan IPB. [igp].

  • Workshop on Feed Additive dan Supplement

    Kualitas pakan ruminansia saat ini secara umum masih rendah. Hal ini menyebabkan sapi perah dan sapi pedaging belum menunjukan perform yang baik.

  • Prof Dr. Erika B. Laconi - Guru Besar Ilmu Pakan

     

    Prof.Dr.Ir. Erika B. Laconi, MSAwal tahun 2011 ini Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB kembali melahirkan seorang Guru Besar. Setelah sebelumnya Prof.Dr.Ir. Dewi Apri Astuti MS diangkat menjadi Guru Besar, kali ini Prof.Dr.Ir. Erika Budiarti Laconi MS, staf Bagian Ilmu dan Teknologi Pakan, telah diangkat menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Pakan. Guru Besar yang cantik dan energik ini dilahirkan di Lampung pada tahun 16 September 1961. Prof. Erika menyelesaikan Program Sarjana tahun 1984, Program Master 1991 dan Program Doktor 1998, seluruhnya di IPB. Dengan berhasilnya Prof. Erika menjadi Guru Besar, berarti saat ini Departemen INTP telah memiliki 5 orang Guru Besar, terdiri dari 3 orang dalam bidang Ilmu Nutrisi Ternak dan 2 orang dalam bidang Ilmu Pakan.
      

    Register to read more...

  • Stand Promosi Fapet diserbu siswa SMA

    Rektor IPB berpose di depan stand FapetDalam acara Sosialisasi Jalur Masuk IPB yang diselenggarakan di IICC tanggal 4 Februari 2011 lalu, stand promosi Fakultas Peternakan IPB banyak diserbu siswa SMA dari Bogor dan Depok. Banyaknya siswa SMA Bogor dan Depok yang berkunjung ke stand Fapet menunjukan minat yang sangat besar terhadap program studi/mayor yang ditawarkan oleh Fakultas Peternakan, yaitu Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan serta Program Studi Teknologi Produksi Ternak.

    Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan (PS-NTP) yang mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Peternakan (SPt) yang memiliki kompetensi dalam bidang nutrisi dan teknologi pakan mengajak seluruh siswa SMA yang berprestasi untuk bergabung dengan keluarga besar Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan. Pada tahun 2011 Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan akan menerima sebanyak 85 orang mahasiswa, terdiri dari 35 orang calon mahasiswa dari jalur SNMPTN-Undangan, 25 orang SNMPTN-ujian tertulis, 15 orang jalur UTM dan 10 orang jalur BUD/Prestasi. Pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur SNPTN bisa dilihat di web resmi SNPTN, yaitu: http://snmptn.ac.id

    Register to read more...

  • Sosialisasi Jalur Masuk IPB 2011 - Fakultas Peternakan Show Up

    Sosialisasi Jalur Masuk IPB 2011Banyak pertanyaan yang muncul terkait pelaksanaan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 dalam beberapa pekan terakhir ini. Terkait hal tersebut, Institut Pertanian Bogor melalui acara “SOSIALISASI JALUR MASUK IPB 2011”  yang dilaksanakan di IPB International Convention Center, 5 Februari 2011, mengundang kepala sekolah, guru, serta lima perwakilan siswa dari sekolah-sekolah menengah yang berada di wilayah Bogor dan Depok  untuk mensosialisasikan tata-cara pelaksanaan jalur masuk Institut Pertanian Bogor tahun ini. Dalam tahun 2011 ini IPB membuka beberapa jalur masuk yaitu melalui SNMPTN jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik (dulu USMI), SNMPTN jalur ujian tertulis dan/ atau keterampilan, Ujian Talenta Masuk (UTM), Prestasi Internasional/Nasional (PIN),  dan Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

    Kenapa IPB? Mengapa sektor pertanian itu penting? Sektor pertanian memainkan peran penting dalam bidang penyediaan lapangan pekerjaan dalam skala besar untuk rakyat. Soekarno (Presiden Pertama RI) pernah berkata bahwa soal makan untuk rakyat adalah soal hidup atau mati. “Kehadiran kalian adalah harapan rakyat Indonesia”, tutur Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., Rektor IPB, saat pembukaan acara tersebut. 

    Acara ini juga diikuti oleh 9 Fakultas yang ada di IPB yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakutas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, FMIPA, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, serta Fakultas Ekologi Manusia. Sembilan fakultas tersebut membuka stand dengan dekorasi yang unik sesuai ciri khasnya, membagikan leaflet, dan tanya jawab untuk memudahkan guru maupun siswa untuk memperoleh informasi lebih dalam mengenai program studi yang akan dipilih. Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh performance  dari Flavalicious, Agriaswara, Gentra Kaheman,  Pembacaan Puisi, serta Max IPB. Dua MC acara ini (Atis dan Imam) pun tidak kalah semangat. “ Colourfull IPB, Mencari dan Memberi yang Terbaik”, seru kedua MC saat itu. Pembagian doorprize juga membuat acara ini semakin ramai.

    Kesempatan ini juga menjadi ajang show up untuk Fakultas Peternakan sendiri. “Fapet kali ini harus tampil lebih segar dan lebih menarik”, ucap Dr. Ir. Moh. Yamin, M.Agr. Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB. Hal senada juga diucapkan oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB. Beliau juga berkata bahwa kita tidak hanya bekerja dikandang, dan Peternakan itu sendiri merupakan sektor penting dalam penyedia protein hewani yang penting untuk tubuh.

    Tidak hanya lefleat serta stand yang didesain menarik yang membuat tamu undangan berdatangan. Di stand Fapet sendiri juga mengadakan undian, doorprize serta pembagian marcandhise. Susu dan yoghurt yang merupakan produk peternakan juga dibagikan pada acara tersebut. 

    Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh calon peserta yang akan mengikuti jalur masuk IPB khususnya jalur SNMPTN 2011, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi jalur masuk dengan baik. “Selain pintar, pilihan yang akan kita pilih juga harus realistis, jangan hanya memilih program studi tertentu saja, tetapi harus melihat program studi lain yang potensial seperti yang ada di Fakultas Peternakan IPB”, tutur Dr.Ir. Idat G. Permana, MSc.Agr., Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB,  kala menjelaskan pada para siswa/siswa SMA saat itu. Kita harus tetap menjadi tuan rumah di negara kita sendiri, di Indonesia. So, tunggu kejutan lain yang akan dilakukan Fapet  IPB ya. [OE/igp]

  • Dr. Rukmiasih - Doktor Baru Fakultas Peternakan

    Setelah melalui kajian cukup panjang, Rukmiasih, staf Departemen IPTP Fakultas Peternakan IPB lulus sebagai Doktor. Dalam Ujian Terbuka yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Rukmiasih berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Penurunan Bau Amis (Off-Odor) Daging Itik Lokal dengan Pemberian Daun Bluntas (Pluchea indica L.). Penelitian ini dibawah bimbingan Prof. Peni Hardjosworo, Prof. Wiranda G. Pilliang, Dr. Joko Hermanianto dan Dr. Anto Apriyantono, sedangkan penguji luar komisi terdiri dari Prof. Nahrowi, staf Departemen INTP dan Dr. Pius P. Kataren, peneliti Balai Penelitian Peternakan-Ciawi.

    Dalam ujian terbuka tersebut, Dr. Rukmiasih mengungkapkan keberhasilannya dalam menurunkan bau amis daging itik melalui pemberian daun bluntas. Daun bluntas yang kaya akan fenol, flavonoid dan kuersetin dan berfungsi sebagai antioksidan dapat menurunkan bau amis serta meningkatkan kesukaan baik pada itik muda maupun itik dewasa. Penggunaan sebanyak 1% daun bluntas dalam pakan dapat menurunkan tingkat oksidasi asam lemak terbukti dengan tingginya kandungan asam lemak tidak jenuh linoleat dan asam lemak tidak jenuh ganda (C18:2+C18:3). Dengan adanya temuan ini diharapkan peternak itik dapat mengaplikasinya, sehingga konsumen tidak ragu lagi dalam mengkonsumsi daging itik.

    Semoga dengan bertambahnya Doktor baru semakin memperkuat Fakultas Peternakan khususnya dalam pengembangan ternak lokal. Selamat Bu Asih. [igp]

  • Pelatihan Penggunaan ALU Software bagi Mahasiswa Pascasarjana Fapet

    Sub Sektor Peternakan berkontribusi terhadap pemanasan global melalui emisi gas methan dan N2O. Dalam sektor pertanian, kontribusi sub sektor peternakan dalam menyumbang methan adalah sekitar 17.5%. Sumbangan emisi ini terutama berasal dari ternak ruminansia seperti ternak sapi, kerbau, kambing dan domba. Untuk mengetahui metode perhitungan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dihasilkan dari sub sektor peternakan, pada hari Sabtu 22 Januari 2010 lalu, bertempat di Ruang Kolokium, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HIWACANA) Fakultas Peternakan IPB menyelenggarakan Pelatihan Inventory Gas Rumah Kaca pada Bidang Peternakan dengan Menggunakan ALU Software. Pelatihan penggunaan ALU Software ini disampaikan oleh Dr.Ir. Idat G. Permana MSc, dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan.

    Dalam pelatihan tersebut para perserta diajarkan cara perhitungan emisi methan dan N2O serta perhitungannya menggunakan ALU software, yang khusus digunakan untuk inventory gas rumah kaca dari sektor pertanian. Metode yang digunakan dalam perhitungan gas rumah kaca dalam software ini didasarkan atas methode IPCC 1996, 2000, 2003, dan 2006. Software ini dikembangkan pertama kali oleh Colorado State University. [igp]

  • Fapet Tour de Jonggol

    Tour de Jonggol
    Keluarga besar pegawai dan pimpinan Fakultas Peternakan IPB pada hari Sabtu 15 Januari 2011 lalu mengadakan tour ke Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J). Kegiatan Field Trip ini ditujukan untuk lebih menjalin kebersamaan antar pegawai dan juga merupakan refreshing di awal tahun 2011, sekaligus untuk lebih memperkenalkan Jonggol kepada seluruh pegawai di lingkungan Fakultas Peternakan.

    Sedikitnya 170 orang warga Fapet, termasuk Dekan, Wakil Dekan para Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen hadir dalam kegiatan tersebut. Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Luki Abdullah MSc. Dalam kesempatan tersebut Dekan berpesan untuk memanfaatkan kegiatan tersebut untuk berekreasi dan mempererat kerjasama antar pegawai di lingkungan Fakultas Peternakan. Selanjutnya seluruh peserta dibawa tour melihat berbagai fasilitas Jonggol, diantarnya kandang domba sambil melihat ratusan ekor domba yang keluar menuju padang penggembalaan. Kegiatan outbound juga diisi dengan berbagai macam games diantarnya lomba menebak berat domba, lomba menangkap domba, melepas tali, bola volley serta yang paling seru lomba memancing.

    Lomba menagkap domba

    Lomba memancing

    Poco-poco di Jonggol
    Dalam lomba memancing yang bertempat di salah satu danau yang ada di Jonggol, para pegawai sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Kerena acara ini merupakan acara tahunan yang selalu dinanti para pegawai. Dalam perlombaan memancing tersebut kelompok 4 yang dimotori oleh Sdr. Dadang, teknisi dari Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pakan, keluar sebagai juara.

    Acara diakhiri dengan makan siang bersama dengan menu goreng ikan mas hasil tangkapan, sate dan gule kambing khas Jonggol, serta dihibur oleh iringan lagu lawas dari Kang Away serta tarian poco-poco Bu Dwi dan Bu Widya. [igp]

  • Mahasiswa Departemen INTP magang di LN

    Fransisca ketika di Belanda

    Dalam rangka meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam dunia peternakan khususnya di luar negeri, pada awal Januari lalu 2 orang mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB, Fransisca dan Raymundus G. Laras telah berangkat ke luar negeri untuk mengikuti program magang internasional. Fransisca, yang juga mahasiswa berprestasi Fakultas Peternakan tahun 2008, berangkat ke Amerika Serikat mengikuti International Exchange Program of The Ohio State University. Fransisca magang di peternakan sapi perah di Ohio selama satu tahun. Sebelumnya Fransisca juga telah mengikuti magang melalui International Student Training "Stichting Uitwisseling" di negara Belanda selama 6 bulan.

    Program serupa juga diikuti oleh Raymundus yang berangkat minggu lalu ke Denmark. Raymundus yang juga salah satu mahasiswa terbaik Departemen INTP berkesempatan untuk mengikuti “Agricultural Internship Program in Denmark” (Agri Lida) selama satu tahun. Selama berada di Denmark Raymundus akan bekerja di peternakan sapi perah. Dalam beberapa bulan mendatang dua orang mahasiswa Departemen INTP, Bayang dan Corry, juga akan berangkat ke Denmark menyusul rekannya yang sudah terlebih dahulu berangkat.

    Pada tahun 2010 lalu sebanyak empat orang mahasiswa Departemen INTP telah berangkat ke Belanda untuk mengikuti program magang internasional “Stichting Uitwisseling”, mereka adalah Deliana, Sienna, Chandra dan Fransisca. Dari keempat mahasiswa tiga orang diantaranya sudah kembali ke Bogor.

    Departemen INTP sangat mendorong kegiatan magang di luar negeri, mengingat program magang di luar negeri banyak memberikan manfaat terutama pengalaman kepada mahasiswa dalam mengasah kemampuan komunikasi bahasa asing, meningkatkan keterampilan dalam bidang peternakan serta sekaligus belajar mengenal budaya asing. [igp]

  • Prof.Dr. Dewi A. Astuti - Guru Besar Ilmu Nutrisi Ternak

    Prof Dewi A Astuti
    Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB kembali melahirkan seorang Guru Besar. Prof.Dr.Ir. Dewi Apri Astuti MS, staf Bagian Metabolisme Nutrien dan Biosintesis Produk Ternak telah diangkat menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Nutrisi Ternak. Prof. Dewi Apri Astuti yang dilahirkan di Bogor 5 Oktober 1961 menyelesaikan Program Sarjana dari Fakultas Peternakan UGM tahun 1984, Program Master dari IPB tahun 1988 dan Program Doktor dari IPB tahun 1995 dalam bidang Fisiologi Nutrisi.

    Saat ini Prof. Dewi Apri Astuti tengah mengajar berbagai mata kuliah baik dalam program S1, S2 dan S3. Selain sibuk dengan berbagai penelitian dalam bidang nutrisi ternak, Prof. Dewi juga aktif dalam program pengembangan masyarakat baik yang didanai DIKTI maupun LIPI. Beberapa kegiatan seminar banyak dilakukan baik di dalam mapun di luar negeri. Beberapa seminar yang pernah diikuti di luar negeri diantaranya di Jerman, Swiss, Kanada, Jepang, Thailand dan Malaysia.

    Selamat Bu Prof, semoga semakin memperkuat bidang keilmuan di Departemen INTP. [igp]

  • Staf Penunjang dan Keluarga Dep INTP Tour ke TMII

     

    Pada hari Sabtu tanggal 8 Januari 2010 keluarga besar staf penunjang akademik Departemen INTP menyelenggarakan Tour ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menggunakan dua buah bus. Acara ini diikuti oleh sekitar 100 orang staf penunjang beserta keluarga, serta beberapa pimpinan departemen diantaranya Ir. Dwi Margi Suci MSc, Ir. Lilis Khotijah MSi,  Ir. Widya Hermana Msi dan Ir. Asep Tata Permana MSc. Kegiatan yang dikordinasikan Kepala Tata Usaha Departemen, Warsono SIP,  bertujuan untuk mengakrabkan seluruh warga staf penunjang akademik Departemen INTP juga untuk mengisi liburan keluarga.

    Acara diawali berkumpul di salah satu anjungan untuk mengikuti acara bersama yang diisi dengan berbagai games dan diikuti oleh seluruh peserta termasuk anak-anak. Peserta yang menang dalam setiap game memperoleh "door price" yang sudah disiapkan oleh panitia. Setelah acara bersama para peserta berkunjung mengelilingi berbagai anjungan dan fasilitas hiburan yang ada di TMII. Pada sore harinya seluruh peserta dengan kembali ke Bogor dengan menggunakan bus. [igp]

  • Situs Fapet IPB Juara I Lomba Situs IPB

    Situs Fakultas Peternakan IPB http://fapet.ipb.ac.id memperoleh peringkat pertama kategori Fakultas dalam Lomba Situs IPB tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi IPB. Penilaian mengikuti kriteria webometrics yang terdiri dari 4 aspek penilaian yaitu Visibility (penilaian terhadap jumlah toal tautan eksternal link yang diterima dari situs yang diperoleh search engine Yahoo), Size (penilaian jumlah halaman yang ditemukan 4 search engine yaitu google, yahoo, bing, exalead), Rich Files (penilaian terhadap ekayaan ragam file yang dapat ditelusuri oleh masyarakat melalui search engine google meliputi files .pdf,.doc,.ppt,.ps), dan Scholar (penilaian yang diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan ilmiah, laporan dan tulisan akademis).

    Website Fapet IPB

    Penghargaan ini merupakan pengukuhan atas prestasi Website Fakultas Peternakan yang  dua tahun sebelumnya memperoleh peringkat ketiga. Penghargaan ini juga merupakan wujud peran serta Fakultas Peternakan dalam mengembangkan Teknologi Informasi, khususnya dalam mendukung peningkatan Rangking IPB dalam Webometrics.

    Keberhasilan Situs Fapet IPB ini tidak terlepas dari peran Webmaster Fapet,  Sdr. Sugeng Triwahyono AMd yang telah mendesain dan mengelola situs ini. Selain mengelola situs Fakultas, Sdr Sugeng juga mengelola Situs Departemen INTP.

    Selamat buat Website Fakultas Peternakan, dan terima kasih buat pengelola Website. [igp]



  • Dr.Luki Abdullah Sekjen FPPTPI Periode 2011-2014

    Dalam Musyawarah Nasional (Munas) Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) Ke-3 yang diselenggarakan di IICC-IPB pada tanggal 21-22 Desember 2010 dan dihadiri oleh 17 pimpinan pendidikan tinggi peternakan se Indonesia telah terpilih Dr.Ir. Luki Abdullah MSc., Dekan Fakultas Peternakan IPB, sebagai Sekretaris Jenderal FPPTPI periode 2011-2014 menggantikan Prof.Dr. Hartutik, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang telah habis masa jabatannya.

    Dalam pemilihan Sekjen baru tersebut, Dr. Luki Abdullah terpilih secara musyawarah-mupakat atas serta mendapat dukungan dari peserta Munas. Dalam pidato perdananya, Dr. Luki Abdullah mengajak kepada seluruh anggota forum pendidikan tinggi untuk lebih bekerja sama dalam membantu pemerintah dan berkontribusi dalam pembangunan peternakan di Indonesia. Selamat bekerja Luki. [igp]. Profil Dr.Ir. Luki Abdullah, MSc.

  • Munas FPPTPI ke-3 di Bogor

    Musyawarah Nasional (Munas) Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) Ke-3 yang diselenggarakan di IICC-IPB berlangsung tanggal 21-22 Desember 2010 telah menelorkan beberapa hasil, diantaranya penyempurnaan/amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FPPTPI, penyusunan program kerja, pertanggung jawaban Sekjen FPPTPI  periode 2007-2010 serta pemilihan Sekjen periode 2011-2014. Munas ini dihadiri dari 17 pimpinan pendidikan tinggi peternakan baik Dekan/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Peternakan, diantaranya dari Fakultas Peternakan UGM, UB, UNS, UNAND, UNHALU, UNIB, UNILA, UNJA, UNDANA, UM Malang, UM Banjarmasin, UM Bengkulu, UNIDA, Universitas Al Zaitun, serta IPB yang juga sebagai tuan rumah. Acara Munas dibuka oleh Rektor IPB yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.Dr. Yonni Koemaryono, serta dilanjutkan dengan Keynote speech oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM, PhD.

    Beberapa program kerja FPPTPI yang telah disusun antara lain: kerjasama dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam sensus ternak 2011, penyusunan konsep monitoring dan evaluasi (monev) program Sarjana Membangun Desa, serta penyusunan konsep pendidikan tinggi peternakan berbasis kewirausahaan, serta program berskala nasional lainnya.

    Dalam Munas ke-3 ini terpilih secara musyawarah Dr.Ir. Luki Abdullah, Dekan Fakultas Peternakan IPB, sebagai Sekretaris Jenderal FPPTPI periode 2011-2014 menggantikan Prof.Dr. Hartutik, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang telah menjabat sebagai Sekjen sejak tahun 2007. Dalam pidatonya Sekjen FPPTPI baru, Luki Abdullah, mengajak kepada seluruh anggota forum pendidikan tinggi untuk lebih bekerja sama untuk membantu pemerintah dan berkontribusi dalam pembangunan peternakan di Indonesia.

    Pada hari ke-2, para seluruh peserta Munas mengikuti 'Campus Tour' di Kampus IPB Darmaga. Peserta dibawa ke labioratorium lapang untuk melihat berbagai fasilitas lapang Fakultas Peternakan IPB. Beberapa fasilitas yang dikunjungi peserta antara lain Rumah Potong Hewan, Unit Pengolahan Susu, Kandang Sapi Laktasi Eco-Farm, Unit Pembesaran Pedet, Pabrik Pakan, Broiler Close House serta Laboratorium Satwa Harapan. Diakhir acara seluruh peserta bergabung seluruh staf pengajar Fakultas Peternakan IPB untuk menikmati makan siang ala 'BBQ Fapet IPB'. [igp]

  • Kisi-kisi Ujian Praktikum IMP

    Ujian praktikum Ilmu dan Manajemen Pastura merupakan suatu perangkat pengujian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi praktikum Ilmu dan Manajemen Pastura. Penguasaan materi praktikum diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan mengenai manajemen pastura, baik dalam skala usaha sebagai peternak maupun sebagai seorang calon manajer suatu peternakan besar ataupun sebagai calon penentu kebijakan dalam bidang peternakan.

    Soal ujian praktikum m.k. Ilmu dan Manajemen Pastura akan menguji tentang kemampuan mahasiswa dalam:

    1. Mendesain landscape suatu pastura, dapat berupa kebun rumput maupun padang penggembalaan
    2. Menentukan kualitas dan kebutuhan benih yang diperlukan dalam pastura melalui uji benih
    3. Menentukan kebutuhan pupuk agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dan bereproduksi dengan baik
    4. Menentukan keberagaman tanaman dalam pastura sehingga dapat diketahui kondisi pastura yang digunakan
    5. Menghitung kapasitas tampung suatu pastura bagi berbagai ternak
    6. Menentukan sistem pengawetan hijauan yang paling tepat untuk mendapatkan hasil awetan terbaik
    7. Pengetahuan dasar mengenai reaksi kimia yang terjadi dalam pengawetan hijauan sehingga produk awetan aman dikonsumsi ternak

    Bahan-bahan ujian seutuhnya berasal dari kegiatan praktikum yang telah dituangkan dalam buku penuntun praktikum. Mempelajari dan menyelesaikan tugas dalam buku penuntun praktikum akan sangat membantu dalam mengerjakan dan menyelesaikan ujian praktikum.

    Selamat belajar!!!

  • Selamat Datang Peserta Munas Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia

    Pada tanggal 21-22 Desember 2010, akan hadir sekitar 28 pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia dalam rangka menghadiri Musyawarah Nasional Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI). Acara ini akan diselenggarakan di IPB International Convention Center (IICC-Bogor). Sebagai tuan rumah, Dr. Luki Abdullah, Dekan Fakultas Peternakan IPB berharap agar Musawarah Nasional ini dapat berjalan sukses sesuai dengan agenda yang telah direncanakan. Selamat mengikuti Munas. [igp]

  • Field Trip ke KUNAK Sapi Perah

    Pada hari minggu tanggal 19 Desember 2010 sebanyak 130 mahasiswa Departemen INTP dan mahasiswa Alih Jenis Fakultas Peternakan IPB mengikuti kegiatan Field Trip ke Kawasan Peternakan (KUNAK) Sapi Perah di Cibungbulang - Bogor. Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Dr. Idat G. Permana dan Dr. Despal, staf pengajar Departemen INTP. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan lapang pada MK Nutrisi Ternak Perah. Dalam kunjungan ke Kunak Cibungbulang para mahasiswa berkesempatan berdiskusi dengan para peternak dan pengelola Kunak yang diwakili oleh Nanang dan Agustanto, terkait dengan manajemen pemberian dan penyediaan pakan sapi perah. Disamping itu para mahasiswa melakukan pengamatan produktivitas sapi serta mengungkap permasalahan dalam pengelolaan peternakan sapi perah.

    Register to read more...

  • Praktikum Mahasiswa INTP di Jonggol


    Dalam rangka memperluas wawasan mahasiswa INTP yang mengambil mata kuliah Ilmu dan Manajemen Pastura serta mata kuliah Perencanaan Penyediaan Hijauan Makanan Ternak (253 mahasiswa), pada tanggal 7 Desember 2010 telah dilakukan parktek lapang di Unit Pendidikan dan Penelitian JonggoL (UP3J). Menggunakan 6 buah truk sewaan dari Yonif dan 1 buah mobil klinik nutrisi keliling mereka berangkat dengan penuh semangat dan keceriaan.

    Mahasiswa dan tim pendamping sampai di Jonggol pukul 08.30, beristirahat di guess house selama 30 menit, kemudian praktikan dibagi sesuai kelasnya masing-masing. Dosen saat itu (Ir. Asep Tata Permana, MSc dan Nur Rochmah K., SPt., MSi) memberikan pengantar dan penjelasan singkat mengenai materi praktikum.

    Register to read more...

  • Solialisasi Sasaran Mutu Fakultas Peternakan

    Pada hari Rabu, 15 Desember 2010 bertempat di Auditorium JH Hutasoit, Fakultas Peternakan IPB telah menyelanggarakan Rabuan Bersama dalam rangka Sosialisasi Sasaran Mutu Fakultas Peternakan IPB. Dalam Rabuan tersebut hadir Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen IPTP dan INTP, dosen, staf kependidikan dan perwakilan mahasiswa. Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr.Ir. Luki Abdullah MSc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sasaran Mutu ini adalah bentuk komitmen dan pertanggung-jawaban Fakultas Peternakan dalam penjaminan kualitas bagi stackeholder. Dalam Acara Rabuan tersebut Wakil Dekan Fakultas Peternakan, Dr.Ir. Muh. Yamin MAgrSc. memaparkan visi, misi, tujuan dan sasaran mutu Fakultas Peternakan, serta kegiatan kemahasiswaan yang telah dilakukan dalam 2010.

    Register to read more...

  • Tujuh Judul Penelitian Dosen INTP Diseminarkan di IIC

    Sebanyak tujuah judul penelitian dosen Departemen INTP yang selesai pada tahun 2010 diseminarkan pada acara "Seminar Hasil-hasil Penelitian IPB" yang diselenggarakan oleh LPPM IPB selama 2 hari 13-14 Desember 2010 di IPB International Convention Centre (IICC). Seminar ini ditujukan untuk diseminasi hasil-hasil penelitian tersebut dan sebagai wahana komunikasi sesama peneliti untuk terus berupaya meningkatkan kualitas hasil penelitiannya. Dengan adanya publikasi hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan aplikasi hasil penelitian dosen oleh masyarakat terutama masyarakat peternakan.

    Ketujuh peneliti dari Departemen INTP tersebut telah berusaha keras menyelesaikan permasalahan peternakan nasional baik permasalahan dasar maupun terapan dalam berbagai bidang dan komoditas ternak.  Tema-tema penelitian yang didanai dari berbagai sumber (Dikti, KKP3T, Menristek) tersebut adalah :

    Register to read more...

  • Sosialisasi Perdana Klinik Nutrisi dan Produk Ternak Terpadu ke Cinagara

    Tim Klinik Nutrisi

    Dalam rangka sosialisasi dan survey lokasi kegiatan Klinik Nutrisi dan Produk Ternak Terpadu Fakultas Peternakan IPB, Tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari Dr. Erika B. Laconi, Dr. Dewi Apri Astuti, Ir. Dwi Margi Suci, MS dan Dr. Sri Suharti telah mengadakan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BPKH), Cinagara, Bogor.

    Dalam kunjungan tersebut, tim bertemu dengan Kepala balai dan beberapa orang staf pegawai di Balai tersebut. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan klinik nutrisi dan jasa layanan yang diberikan serta menjajaki peluang kerjasama dengan balai tersebut dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.  Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi peternak di wilayah cinagara baik dalam hal budidaya, pakan maupun pengolahan produk ternak. Pihak balai juga menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan akan ditindaklanjuti dalam perencanaan program balai tersebut.

     

  • Unit Klinik Nutrisi dan Produk Ternak Terpadu

    Dalam rangka meningkatkan program pemberdayaan pada masyarakat, Fakultas Peternakan IPB telah membentuk Unit Klinik Nutrisi dan Produk Ternak Terpadu. Unit ini memiliki sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai peralatan yang memungkinkan untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat. Bentuk pelayanan yang dapat dilakukan adalah analisis kualitas pakan, analisis cemaran pakan, konsultasi formulasi ransum, konsultasi/penyuluhan budidaya berbagai jenis ternak, pelatihan teknologi pakan, pelatihan pengolahan produk ternak, penyediaan bibit pakan, penyediaan produk suplemen, penyediaan produk emergensi dll. [igp]

    Klinik Nutrisi

  • Talk Show Nutrisi

    Pada hari Sabtu 23 Oktober 2010, Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER) menyelenggarakan Talk Show Nutrisi yang bertajuk "Strategi Membangun Ketahanan Pakan Nasional". Acara ini merupakan puncak acara dari berbagai rangkaian Acara Nutrisi in Action yang diselenggarakan oleh HIMASITER. Dalam Talk show tersebut hadir 4 orang pembicara dari kalangan pengambil kebijakan dan praktisi dalam bidang pakan, antara lain Drh. Jayadi Gunawan, MPH (Direktur Budidaya Non Ruminansia), Listiyani Nurdienasari, SP (dari Sub Direktorat Budidaya Serealia), Drh. Sudirman (Ketua GPMT) dan Ir. Chandra Yanuarti (Direktur PT. Sinta Prima Feedmill). Acara tersebut oleh sekitar 120 orang peserta, dan dihadiri juga oleh beberapa staf dan Ketua Departemen INTP serta dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Peternakan.

    Dalam Talk Show yang dipandu oleh Dr. Erika B. Laconi, mengungkap program-program strategis pemerintah dalam mencukupi kebutuhan pakan nasional, khususnya jagung. Saat ini dari kebutuhan jagung nasional yang mencapai 5 juta ton, sebagian besar sudah terpenuhi dari produk lokal, hanya sebagian kecil saja terutama pada saat paceklik yang masih harus diimport dari luar negeri. Namun demikian masih banyak bahan pakan lain yang umumnya masih import, seperti bungkil kedelai, MBM, CGM, DDGS, tepung ikan dan lainnya. Dalam kesempatan tersebut pihak industri pakan mengkritik lembaga penelitian yang belum banyak menghasilkan penelitian tentang pakan yang aplikatif, sehingga hasilnya dapat menjawab permasalahan tentang penyediaan pakan nasional. [igp]

  • Doktor Baru di Departemen INTP

    Pada tanggal 16 Agustus 2010 yang lalu Departemen INTP kembali meluluskan seorang Doktor dalam bidang Nutrisi dan Pakan. Doktor baru tersebut adalah Dr. Sri Suharti SPt. MSi., salah seorang staf pengajar Departemen INTP Fakultas Peternakan IPB. Sri Suharti telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Modifikasi keragaman mikroba dan fermentasi rumen sapi potong lokal dengan pemberian saponin lerak (Sapindus rarak)" dibawah bimbingan Dr. Dewi Apri Astuti, Prof.Dr. Toto Tohatmat dan Dr. Elizabeth Wina. Dalam kesempatan tersebut Sri Suharti meyakinkan Dewan Penguji akan arti penting saponin buah lerak yang diektraksi dalam memodifikasi kondisi mikroba rumen dalam mendukung peningkatan perfoman sapi lokal. Dengan keberhasilan Sri Suharti sebagai Doktor baru semakin memperkuat Departemen INTP dalam pengembangan keilmuan.

  • Seminar Rutin Departemen INTP

    Dalam rangka meningkatkan komunikasi dan pertukaran informasi keilmuan antar sivitas akademika, Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) menyelenggarakan seminar rutin setiap bulan. Seminar diisi dengan pertukaran informasi terkini dan isu-isu aktual perkembangan ilmu nutrisi dan teknologi pakan dengan nara sumber dari staf pengajar, mahasiswa, pemangku kebijakan, industri dan praktisi. Dalam pembukaan seminar, Ketua Departemen INTP, Dr.Ir. Idat G. Permana, MSc. menyampaikan harapanya bahwa seminar ini tidak hanya dijadikan forum komunikasi bagi civitas akademika tetapi juga merupakan bentuk sosialisasi hasil-hasil penelitian dari staf Departemen INTP.

    Dalam seminar perdana tanggal 16 Juni 2010 yang menjadi narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan, Guru Besar dari Bagian Nutrisi Ternak Terapan. Prof. Komang menyampaikan materi seminar berjudul Performa Reproduksi Domba Induk yang Diberi Flusing. Materi yang disampaikan merupakan hasil penelitian tim yang terdiri dari Ir. Kukuh Budi Satoto, MS.; Ir. Lilis Khotijah, MS; Dr. Ir. Kartiarso dan Dr. Ir. Didid Diapari, MS. Menurut Prof. Komang dan Tim. Dalam seminar yang dimoderatori oleh Dr. Despal, SPt. MSc., terungkap bahwa tingginya prolifikasi pada ternak domba lokal menyebabkan kebutuhan ternak pada masa kebuntingan tinggi sementara kondisi tubuh ternak (BSC) rendah sehingga diperlukan perbaikan nutrisi ternak sebelum dan selama kebuntingan untuk meningkatkan efisiensi reproduksi. Upaya penggunaan rekomendasi kebutuhan berdasarkan NRC gagal memenuhi kebutuhan ternak lokal karena kualitas pakan lokal yang lebih rendah sehingga diperlukan penentuan kebutuhan nutrisi ternak lokal yang lebih tinggi berdasarkan kondisi pakan yang ada. Prof. Komang dan Tim juga merekomendasikan beberapa penggunaan sumber pati seperti jagung dan onggok untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi reproduksi ternak. Menurut beliau bahwa peningkatan efisiensi reproduksi ternak domba sangat menjanjikan karena keuntungan terbesar dari usaha ternak domba dapat dihasilkan dari produksi anak. (Ds)

  • Workshop Formulasi Pakan

    Departemen INTP-IPB bekerjasama dengan Brilliant Alternative menyelenggarakan Workshop Formulasi Pakan yang bertempat di Eidelweiss Room, Hotel Santika-Bogor. Acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 4-5 November 2009 dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Luki Abdullah, MSc. Pada hari pertama workshop menghadirkan beberapa pembicara antara lain Dr. Nahrowi dan Dr Idat Galih Permana, keduanya adalah staf Departemen INTP, Ir. Suaedi Sunanto dari DSM, Prof.Dr. Budi Tangendjaya, peneliti dari Balai Penelitian Ternak. Pada kesempatan ini Bob Brill, pendiri perusahaan software Brill Formulation hadir untuk memperkenalkan teknologi baru yaitu Brill on Web.

    Register to read more...

  • Lokakarya Kurikulum

    Dalam rangka evaluasi kurikulum Departemen INTP, pada hari Rabu, 28 Oktober 2009 telah dilaksanakan Lokakarya Kurikulum Mayor Minor. Dalam acara tersebut Dr. Idat G. Permana, ketua Departemen dan Prof. Dr. Komang G. Wiryawan, Guru Besar Departemen INTP menyampaikan hasil evaluasi kurikulum dan tracer study lulusan. Prof. Komang menyampaikan bahwa sebagian besar lulusan Departemen INTP masih berkiprah di bidang yang relevan. Pada sesi berikutnya para alumni dari beberapa kalangan, antara lain Ir. Rudy dari PT. Sierad Produce Tbk, Ronny SPt. MSi dari Bioteknologi-LIPI, Khaerudin SPt sebagai wiraswasta dan alumni muda Albertus Randy dari PT. Comfeed menyampaikan berbagai masukan bagi pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran di Departemen INTP. [igp].

  • Seminar Feed Quality Control

    Pada hari minggu, 18 Oktober 2009, Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER), menyelenggarakan Seminar Feed Quality Control. Seminar ini bertempat di Ruang Seminar Departemen INTP Fakultas Peternakan IPB dan dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen INTP, Dr.Ir. Idat Galih Permana MSc. Sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Istiadi, SPt. MM, manajer QC dari PT. Charoen Pokphan dan Dr.Ir. Darobin Lubis MSc, staf Departemen INTP. Pada sesi pertama, Istiadi memaparkan arti penting kontrol kualitas pakan dalam suatu industri pakan, proses-proses yang dilakukan dalam kontrol kualitas serta pengalaman praktis sebagai QC. Dalam kesempatan tersebut Istiadi juga mengajak kepada para peserta untuk melakukan rapid test bahan baku jagung. Pada kesempatan sesi kedua, Darobin Lubis menyampaikan topik 'Safe Feed for Safe Food'. Dijelaskan bahwa dalam proses produksi pakan faktor keamanan pakan harus juga mendapat perhatian, karena keamanan pakan akan juga menentukan keamanan pangan. [igp]

  • Halal Bi Halal dan Pelepasan Purnabakti Staf

    Pada hari Rabu, 30 September 2009, bertempat di RS Departemen INTP telah dilaksanakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Departemen INTP dan Pelepasan Purnabakti Dosen dan Pegawai Departemen INTP. Dalam acara tersebut hadir seluruh dosen dan pegawai Departemen INTP beserta para purnabakti, yaitu Prof.Dr. Aminuddin Parakasi, MSc., Prof.Dr.Ir. Soedarmadi H. MSc., Ir. I. Kismono, MS, Ir. Lily Aboenawan, Dr.Ir. Nur Aeni Sigit, MS., Ir. Sri Harini, MS. serta Titin Suprihatin. Ketua Departemen INTP, Dr.Ir. Idat G. Permana MSc. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para purnabakti atas segala pengabdian dan dedikasinya selama bertugas sebagai dosen dan pegawai di departemen. Dalam kesempatan tersebut para purnabakti juga menyampaikan kesan selama bertugas di departemen serta pesan buat seluruh dosen dan pegawai yang hadir dalam acara tersebut. [igp]

  • Penyusunan Proposal PKM

    Dear mahasiswa Departemen INTP, dalam rangka meningkatkan pelaksanaan Program Kegiatan Mahasiswa (PKM), kami mohon kepada seluruh mahasiswa Departemen INTP untuk segera menyusun proposal PKM dan diserahkan pada Sekretriat Departemen paling lambat 1 Oktober 2009. Semoga tahun ini semakin banyak lagi proposal yang didanai. [igp]

  • Pendataan Alumni INTP

    Dear Alumni INTP, dalam rangka Tracer Study Alumni Departemen INTP Fakultas Peternakan IPB, dengan ini kami mohon para Alumni Angkatan 37-41 untuk mengisi form Biodata dan mengirimkan kembali formnya via email ke alamat intp[at]ipb.ac.id  File Formulir tersebut anda dapat mendownloadnya di alamat berikut ini: >> Download Form Biodata <<

    Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

  • Seminar Pakan Nasional

    Pada tanggal 13 Desember 2008 bertempat di IPB International Convention Center (IICC) diselenggarakan Seminar Pakan Nasional yang bertema Ketahanan Pakan untuk Ketahanan Pangan. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan (BEM-D) dan merupakan salah satu rangkaian acara D-Farm festival

    Register to read more...

  • Pertandingan Futsal

    {mosimage} Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB (BEM-D) menyelenggarakan pertandingan futsal antar Mahasiswa Peternakan se Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu acara dalam "D-Farm Festival". Acara yang digelar pada tanggal 9-12 Desember 2008 dan bertempat di Gymnasium IPB ini diikuti oleh berbagai mahasiswa Peternakan, diantaranya mahasiswa Fakultas Peternakan UGM, UNPAD, UNSOED, UIN Makasar, UIN Suska Riau, serta IPB tuan rumah yang menurunkan dua tim yaitu Program S1 dan So. Pertandingan futsal yang memperebutkan Piala Dirjen Peternakan RI ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr.Ir. Luki Abdullah MSc. Hadir pula pada kesempatan itu Wakil Dekan, Ketua Departemen IPTP dan INTP. Dalam acara pembukaan tersebut ditampilkan atraksi Barongsai yang sangat memukau.
  • Seminar Rabuan

    Pada Rabuan di Departemen INTP tanggal 26 November 2008 diselenggarakan seminar tentang "In vitro and in sacco degradation of feed samples using rumen fluid from goats feed tannin-rich plants with or without the addition of polyethylene glycol" oleh Ass.Prof. Ahmad S.H. Baba, dari University of Malaya.

  • Jadwal TOEFL

    TOEFL-Like Departemen INTP Tahun 2011

    Bersama kami informasikan bahwa untuk perbaikan nilai ujian Teofl 2010/2011 yang semula dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 14 Maret 2011, diundurkan sampai dengan ada kepastian dari Sekretaris Departemen dan Koordinator unit bahasa inggris. (RTI)

  • Monev Program Iptekda

    {mosimage}

    Pada tanggal 18 dan 21 November 2008 telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Penerapan Inovasi Teknologi di Daerah (IPTEKDA) yang merupakan program LIPI. Pada tahun 2008 ini terdapat 3 (tiga) judul program dari Departemen INTP yang didanai.

    Register to read more...

  • Selamat

    Better Feed for Better Animal Products

  • Visi & Misi

    Visi

    • Menjadi pusat pendidikan dan penelitian bertaraf internasional serta pengabdian di bidang nutrisi dan teknologi pakan tropika untuk menghasilkan SDM berkarakter kewirausahaan.

    Misi

    • Menerapkan pendidikan tinggi yang modern untuk menghasilkan lulusan bermutu tinggi yang mampu memanfaatkan sumberdaya pakan lokal, mengembangkan industri peternakan, dan mempunyai jiwa kewirausahaan dalam menghadapi era pasar global.
    • Menerapkan dan mengembangkan pengetahuan di bidang nutrisi dan teknologi pakan tropika melalui  program penelitian berkualitas tinggi untuk mendukung proses pendidikan dan memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan bidang nutrisi dan teknologi  pakan tropika.
    • Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan keahlian yang berkualitas tinggi dan program-program yang berhubungan dengan nutrisi dan teknologi pakan tropika.
  • e-Learning

    e-Learning Departemen INTP

    • Pengantar Ilmu Nutrisi

    • Pengetahuan Bahan Pakan

    • Fisiologi Nutrisi

    • Teknik Formulasi Ransum dan Sistem Informasi Pakan

    • Metodologi Penelitian dan Rancangan Percobaan

  • Prospek Lulusan


    Lulusan INTP dapat bekerja dalam bidang :

    • Industri Pakan
    • Industri Peternakan
    • Konsultasi Nutrisi
    • Dosen/Peneliti
    • Pegawai Pemerintah
    • Lembaga Perbankan
    • Wirausaha
  • Jadwal Kuliah Sem Ganjil

    Website ini masih dalam pengembangan ...
  • Jadwal UTS 2008/2009

    Website ini masih dalam pengembangan.....

  • Pasca Sarjana (S2/S3)

    Under contruction

  • Sarjana (S1)

    Test