Deskripsi Singkat

DESKRPSI SINGKAT

DEPARTEMEN ILMU NUTRISI DAN TEKNOLOGI PAKAN

FAKULTAS PETERNAKAN IPB

 

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) awalnya bernama Jurusan Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (INMT) sudah berdiri sejak tahun 1950. Secara struktural Jurusan INMT berasal dari Lembaga Ilmu Makanan Ternak yang diketuai oleh Prof. Dr. J. H. Hutasoit di dalam struktur Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Indonesia.  Pada tahun-tahun tersebut (1950-1960) bersama Lembaga Ilmu Ternak, kedua lembaga ini didirikan sebagai cikal bakal berdirinya Fakultas Peternakan IPB. Pada  tanggal 1 September 1963, melalui SK Presiden No.279 Tahun 1963 Fakultas Peternakan secara resmi berdiri, demikian juga Jurusan INMT. Hingga tahun 1994 di bawah struktur Fakultas Peternakan, Jurusan INMT bersama jurusan lain di Fakultas Peternakan mengasuh satu Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Produksi Ternak. Pada 11 Juli 1996, sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 216/DIKTI/Kep/1996, Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak (NMT) untuk jenjang pendidikan sarjana S1 didirikan. Sejak bulan Juni 2000 Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ditetapkan sebagai program studi dengan nilai Akeditasi A (sangat baik).  Pada tahun 2002-2006 Program Studi NMT bersama dengan 4 program studi dan PCPT-IPB memperoleh Program Hibah Kompetitif DUE-Like. Sejalan perkembangan di IPB, pada tahun 2005 Jurusan INMT berubah menjadi Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP). Sedangkan dengan diterapkannya Kurikulum Major-Minor di IPB, Program Studi NMT berubah menjadi Program Major Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP). Sejak tahun 2007 departemen mengelola program Pascasarjana S2 dan S3 dengan mayor Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP).

Departemen INTP mempunyai 4 Divisi yaitu Divisi Teknologi dan Industri Pakan (TIP), Divisi Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura (TPP), Divisi Nutrisi Ternak Terapan (NTT) dan Divisi Metabolisme dan Biosintesis Ternak (MBT) yang sudah disyahkan dengan keluarnya SK .Rektor IPB No.126/13/OT/2008.

Pada Tahun 2011, Program Studi S2 dan S3 Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP) juga mendapatkan akreditasi Nasional untuk program studi oleh BAN-PT dengan nilai Akreditasi A. Kemudian pada tahun 2012, Program studi S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan kembali mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.  Untuk mensejajarkan diri di level internasional, pada tahun 2014, Program studi S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan mendapatkan sertifikasi internasional dari Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA).