General Lecture Prof. Taketo Obitsu

ObitsuPada hari Rabu, tanggal 15 Maret 2017, bertempat di Ruang Sidang Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB, staf dan mahasiswa pasca Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan mendapatkan kesempatan kuliah umum dari Prof. Taketo Obitsu. Prof. Taketo Obitsu merupakan seorang staf pengajar dari Hiroshima University dengan bidang ilmu nutrisi ternak perah. Prof. Taketo Obitsu merupakan salah satu tokoh di Jepang yang tengah mengembangkan inovasi untuk mendukung hijauan pakan dalam peternakan sapi perah.

Dalam kesempatan ini Prof. Taketo Obitsu menyampaikan kuliah umum dengan topik "The utilization of fermented TMR containing fruit byproducts (pineapple residue) and related some research results".  Nenas merupakan salah satu produk buah yang banyak diimpor untuk konsumsi masyarakat Jepang.  Limbah hasil pengolahan nenas digunakan sebagai salah satu sumber pakan ternak sapi perah dengan melakukan fermentasi terlebih dahulu.  Penelitian lain yang dilakukan adalah fermentasi tanaman padi yang dipanen pada umur muda (fase generatif awal) untuk kemudian diberikan kepada sapi perah.  Beberapa pertanyaan muncul dari dosen dan mahasiswa, diantaranya jenis bakteri fermentasi yang digunakan dan peraturan perundangan penggunaan padi untuk pakan ternak sapi perah.  

obitsuKuliah bersama ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan dan foto bersama.  Prof. Taketo Obitsu berkesempatan mencicipi hidangan khas rabuan Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan juga menawarkan kerja sama untuk summer course bagi mahasiswa Hiroshima University.

(nur.rochmah.kumalasari)