Jejak alumni Departemen INTP: Akhir Pebriansyah A'44

akhir

Alumni Departemen INTP telah berkiprah di dunia internasional, salah satunya adalah Akhir Pebriansyah angkatan 44. Alumni kelahiran Jakarta yang lulus pada tahun 2011 ini, sekarang telah menjadi asisten profesor di Czech University of Life Science Prague, dengan bidang keahlian pertanian, teknologi dan nutrisi.

Kegalauan yang dialami pada masa awal menjalani perkuliahan sarjana perlahan sirna dalam dukungan dan bimbingan dosen di Departemen INTP. Motivasi yang dibangun secara akademik dan spiritual membawa Akhir menjadi salah satu alumni yang menonjol. Akhir berhasil lulus dengan nilai yang cukup baik sehingga mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan kuliah master di Europe-Czech University dengan beasiswa Erasmus Eurasia. Dengan beasiswa ini, Akhir menjalani perkuliahan master di Vrije Universiteit Brussel, Belgia dan Szent István Egyetem – SZIE, Hongaria.

Kendala bahasa yang sempat membuat Akhir mengulang tiga kali ujian TOEFL untuk mencapai standar Departemen INTP, menjadikan Akhir harus bekerja lebih keras dalam menempuh studi. Terutama pada beberapa bulan awal masa adaptasi. Kini Akhir telah menguasai empat bahasa asing, yaitu bahasa Inggris, Jerman, Arab dan Czech.

Aktivitas yang tinggi dalam menempuh pendidikan doktor dan melakukan kegiatan penelitian membawanya terus berpindah dari satu kota ke kota yang lain. Ilmu pengetahuan dan pengalaman tinggal di Eropa membawa Akhir semakin dekat dengan Islam. Akhir aktif dalam pengajian kota dan membantu sejumlah mualaf untuk lebih mengenal Islam. Akhir saat ini tinggal di Rotterdam Belanda untuk menyelesaikan kuliah S3.

Semoga Akhir menjadi inspirasi bagi mahasiswa Departemen INTP yang saat ini hendak mempersiapkan ujian akhir semester! Ganbatte Kudasai! Fighting!

(by: nur.rochmah.kumalasari)

akh