Orasi Ilmiah Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan

alt

Prof.Dr.Ir. Komang G. Wiryawan menyampaikan orasi ilmiah di hadapan sekitar 400 undangan di gedung Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, pada hari Sabtu tanggal 26 September 2015.

Di dalam orasinya, Prof. Komang G. Wiryawan mengulas mengenai peran prebiotik dalam industri peternakan yang berkualitas dan ramah lingkungan. Orasi ilmiah yang disampaikan merupakan kompilasi hasil-hasil penelitian selama beberapa tahun terakhir, baik penelitian mandiri maupun penelitian bersama. Salah satu pokok bahasan utama adalah potensi penggunaan prebiotik dalam pengembangan industri peternakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prebiotik memiliki potensi untuk meningkatkan produksi ternak baik unggas maupun ruminansia. Prebiotik mampu meningkatkan efisiensi pemberian dan penggunaan pakan untuk pertumbuhan dan produksi ternak berkualitas. Prebiotik pada pakan juga memberikan peluang untuk menurunkan tingkat cemaran residu dari feses ternak melalui tingkat kecernaan yang lebih baik. Hal ini akan sangat berarti untuk menurunkan pencemaran lingkungan yang terjadi karena limbah peternakan.

alt

Pada akhir orasi ilmiahnya, Prof. Komang G. Wiryawan memberikan rekomendasi untuk penggunaan prebiotik sesuai dengan dosis yang diperlukan oleh setiap ternak yang berbeda. Prof. Komang G. Wiryawan menyatakan dukungan dan kerja sama pemerintah, BUMN, perusahaan swasta dan peternak menentukan keberhasilan dalam mewujudkan usaha peternakan yang ramah lingkungan dengan hasil produk ternak berkualitas tinggi.

Selamat dan sukses, Prof!

(nrk)