Lokakarya PKMM Pesantren Konservasi Menuju Kemandirian Pakan

pondokPada hari Senin, 22 Mei 2017, tim mahasiswa PKMM Pesantren Konservasi mengadakan lokakarya yang bertajuk "Lokakarya Aplikasi Pesantren Konservasi menuju Kemandirian Pakan".  Dalam kesempatan ini hadir perwakilan-perwakilan dari pondok pesantren di seputar kampus serta staf Depag Kabupaten Bogor bagian pembinaan Pondok Pesantren Bogor.  Acara berlangsung dengan penuh antusias dari peserta.

 Dalam lokakarya ini, tim PKMM Pesantren Konservasi memaparkan mengenai kegiatan Pesantren Konservasi di Pondok Pesantren Darul Fallah.  PKMM Pesantren Konservasi merupakan wujud kepedulian mahasiswa pada lingkungan, baik sosial maupun alam, dengan menggandeng pondok pesantren di area Kampus IPB untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan pemanfaatan lahan kurang produktif dengan tanaman pakan. Pemaparan dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter kegiatan yang telah dilaksanakan.

Beberapa peserta perwakilan pesantren sangat berharap kegiatan ini dapat juga dilaksanakan di area pondok pesantrennya. Hal ini karena kegiatan PKMM Pesantren Konservasi ini dapat sangat bermafaat untuk pondok pesantren, bukan hanya dari segi lingkungan namun juga dapat menjadi bagian dari pendidikan kemandirian siswa pesantren.  Pada akhir acara, Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari berharap kegiatan PKMM Pesantren Konservasi akan menjadi salah satu sarana pengikat antara institusi pendidikan IPB dengan pondok pesantren seputar kampus.

nur.rochmah.kumalasari