Himasiter Mengabdi

himpro

Biro Pengabdian Masyarakat HIMASITER bekerja sama dengan RA YAPEMAS dan Agroedutourism FAPET IPB melaksanakan kegiatan Agroedutourism pada tanggal 29 April 2017. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan pembacaan tilawah. Setelah itu, anak-anak tersebut diberikan pengetahuan tentang ternak melalui video dan bernyanyi bersama. Dengan, wajah gembira dan semangat menggebu anak – anak tersebut diajak melakukan kunjungan ke beberapa kandang yang ada di komplek laboratorium lapang Fakultas Peternakan.

Kandang yang pertama dikunjungi adalah kandang domba oleh kelompok pertama dan kandang sapi perah oleh kelompok kedua. Kunjungan selanjutnya ke kandang sapi pedaging, lalu Lab. lapang agrostologi dan terakhir ke kandang satwa harapan di kompleks lab lapang C fapet IPB. Selama kunjungan ke beberapa kandang, mereka dijelaskan tentang hewan yang ada di kandang tersebut.

Antusiasme anak-anak tidak berkurang, mereka tetap semangat mengikuti kegiatan selanjutnya. Setelah selesai menggunjungi kandang, mereka diajak membuat olahan susu berupa susu dengan aneka rasa. Anak- anak tersebut sangat antusias membuat dan mencoba susu yang sudah mereka buat sendiri. Tibalah dipenghujung kegiatan, pihak AET FAPET IPB memberikan kenang – kenangan kepada RA YAPEMAS dan dilakukan foto bersama untuk menutup kegiatan tersebut. Sebelum pulang anak – anak diberikan oleh-oleh berupa susu dan bakso bakar.

Kegiatan berikutnya Biro Pengabdian Masyarakat dan Divisi Agrostologi HIMASITER bekerjasama dengan Kepal-D melakukan penghijauan desa dengan melakukan penanaman indigofera di desa binaan HIMASITER, Desa Situ Udik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 30 April 2017. Kegiatan dimulai dengan penyiapan lahan penanaman yang dilakukan oleh seluruh peserta yang hadir. Setelah lahan siap, tanaman langsung ditanam dan ditambahkan pupuk kandang. Indigofera yang ditanam sebanyak 40 tanaman. Indigofera yang ditanam di desa ini diharapkan dapat menjadi sumber pakan bagi ternak disana, serta dapat menjadi motivasi bagi para warga untuk membudidayakan indigofera secara mandiri.

himasiter