Penyuluhan Budidaya Hijauan Pakan Indigofera di Jawa Barat

penyuluhan

Selasa, 18 April 2016, di Desa Banjaran Kabupaten Bandung diselenggarakan pelatihan budidaya Indigofera untuk petani/peternak kebun kopi.  Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan demplot penanaman Indigofera di Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di 10 wilayah, yaitu Kab. Bandung, Kab. Subang, Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, Kab. Ciamis, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Bogor, Kab. Garut dan Kab. Indramayu.

 

Dalam kesempatan ini, Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari memberikan materi mengenai budidaya Indigofera kepada Kelompok Tani Laksana Mekar. Kelompok tani ini memiliki aktivitas sebagai petani kebun kopi Banjaran sekaligus menjadi peternak kambing. Petani/peternak ini sangat antusias dalam kegiatan, mereka melontarkan sejumlah pertanyaan teknis mengenai budidaya Indigofera dan berbagai permasalahan seputar penyediaan pakan.  

Kegiatan penanaman Indigofera akan dilaksanakan di lahan seluas 2 hektar di seputar area perkebunan kopi dan beberapa bagian merupakan lahan kosong yang biasa ditanami tanaman hortikultura. Lahan yang digunakan merupakan lahan petani yang ingin meningkatkan produktivitas lahannya. Dengan penanaman Indigofera ini diharapkan kebutuhan hijauan pakan dapat diperoleh dari area sekitar peternakan. Turut hadir dalam kegiatan ini staf Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dan staf UPT Perkebunan Kabupaten Bandung serta beberapa penyuluh pertanian.