Kesehatan Saluran Cerna untuk Efisiensi Pakan

Prof. Dewi

Dalam acara launching produk Original XPC pada bulan Oktober tahun lalu, Prof. Dewi Apri Astuti diundang sebagai salah satu pakar yang berdiskusi mengenai pentingnya kesehatan saluran pencernaan. Acara ini diselenggarakan oleh PT. Trouw Nutrition Indonesia (TNI) dengan kolaborasi bersama Diamond V. Produk Original XPC yang diluncurkan dapat meningkatkan efisiensi saluran cerna.

Prof. Dewi Apri Astuti menyampaikan materi mengenai "Bio-Energetic: Partition of Energy Utilization in Modern Animal Husbandry". Dalam paparannya disampaikan bahwa di rumen terdapat banyak mikroorganisme yang dibutukan dalam sistem pencernaan ruminansia sehingga keseimbangan mikroorganisme dalam rumen perlu dijaga dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi performa saluran cerna dipengaruhi oleh faktor stres sehingga penting untuk mengatur ternak terjaga kondisinya.

Pada kondisi negara tropis, ternak melakukan adaptasi dengan mensintesa protein spesifik, yaitu Heat Stress Protein (HSP) untuk merespon cekaman panas. Pada kondisi ekstrim, produktivitas ternak untuk protein dialihkan untuk pembentukan HSP. Hal ini menyebabkan turunnya optimalisasi hasil metabolisme pencernaan pakan karena energi yang seharusnya menjadi produk daging tetapi digunakan untuk beradaptasi terhadap kondisi lingkungan. Energi yang hilang ini dapat menimbulkan kerugian bagi peternak. [nrk]

 

Prof. Dewi