//Fakultas Peternakan IPB Gencarkan Kerjasama Dengan PT Biocycle Indo Melalui Program Maching Fund Kedaireka 2021: Pakan Fungsional Berbasis BSF

Fakultas Peternakan IPB Gencarkan Kerjasama Dengan PT Biocycle Indo Melalui Program Maching Fund Kedaireka 2021: Pakan Fungsional Berbasis BSF

Menindak lanjuti kegiatan kerjasama Fapet IPB dengan tema PAKAN FUNGSIONAL BERBASIS BSF telah dilakukan beberapa kegiatan antara lain menghasikan produk-produk pakan, mahasiswa yang melakukan MBKM dan program KS dosen dengan industri dan puncaknya dilakukan serah terima  dan launching  produk berbasis BSF.   Maggot merupakan bahan pakan alternatif yang kaya akan protein dan minyak serta dapat untuk meningkatkan produksi ternak.  Adapun Produk berbasis  BSF yang dihasilkan dari kerja sama ini diantaranya : Milk replacer, Creep feed, Pakan udang, Pakan kaya energi dan Probiotik.

Sebagai bentuk support dari Pimpinan IPB telah dilakukan visitasi  ke PT Biocycle Indo di Kampar Riau pada tgl 30 November 2021  yang dihadiri oleh: Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bosnis dan Kewirausahaan/ Kepala LKST Prof Erika Budiarti Laconi MS,Dekan Fakultas Peternakan IPB Dr Idat Galih Permana MSc,Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Kerjasama dan  Pengembangan Fakultas Peternakan Dr Sri Suharti Msi,beserta tim MF Kedaireka 2021:Prof  Dewi Apri Astuti MS (Ketua)  dan beranggotakan : Prof  Asep Sudarman MSc, Dr Lilis Khotijah Msi,Dr Didid Diapari MS.

Dalam kegiatan ini terlibat  22 orang mahasiswa yang melaksanakan MBKM melalui pelaksanaan Magang dan Tugas Akhir. Magang dilakukan di PT BIOCYCLE INDO  Kampar Pekanbaru untuk Industri breeding, produksi maggot, dan pengolahan  produk BSF,  serta  Pemasaran dan  pengemasan di BSD Tangerang . MBKM Tugas akhir dilaksanakan di Balitnak Ciawi Bogor,  Farm binaan Loka Sei Putih (Alvino Farm) di Medan.

PT Bio Cycle Indo sangat menyambut baik kerjasama ini. Sebagai bentuk apresiasi yang luar biasa , disamping menerima 22 mahasiswa fakultas peternakan IPB untuk program MBKM, melanjutkan KS riset2, menindaklanjuti produk skala industri, dan ada seorang alumni Fapet  lulusan baru yang telah diterima  sebagai pegawai tetap di PT Biocycle Indo yaitu Kevin Erlangga SPt Melalui visitasi ini, diharapkan KS dapat terus dilanjutkan terutama dalam komersialisasi produk2 berbasis BSF dan menjadikan PT Biocycle menjadi mitra tetap Fakultas Peternakan IPB sebagai lokasi magang PKL mahasiswa IPB.