//Program Matching Fund Teaching Factory Sorinfer MBKM Fakultas Peternakan IPB SC Batch 2 dan EC Batch 3

Program Matching Fund Teaching Factory Sorinfer MBKM Fakultas Peternakan IPB SC Batch 2 dan EC Batch 3

Sabtu, 11 Desember 2021, 29 mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan mengikuti pembukaan Program Matching Fund Teaching Factory Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fakultas Peternakan IPB. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Peternakan IPB dengan PT Santana Manggala Karya yang mengembangkan usaha Sorinfer (Sorghum-Indigofera Fermentasi). Program ini terbagi dalam bentuk magang enrichment course/EC (3 batch) dan magang supporting course/SC (2 batch). Program EC berdurasi 45 hari sedangkan program SC berdurasi 90 hari. Dalam batch terakhir ini program EC diikuti sebanyak 22 orang dan program SC 7 orang.

Program digawangi oleh Prof.Dr.Ir. Luki Abdullah, MSc.Agr dan Prof.Dr.Ir. Panca Dewi MHK, MS dengan timnya dari Divisi Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura. Kurikulum MBKM dibentuk untuk menguatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan profesi dan hubungan sosial dengan antar mahasiswa dan hubungan dengan staf. Mahasiswa mendapatkan standar indikator yang harus dipenuhi untuk dapat memperoleh nilai optimal. Indikator ini dibuat dalam sistem online sehingga dapat dicek, dinilai dan dievaluasi oleh berbagai pihak.

Berbagai kegiatan lapang dilakukan secara individu dan berkelompok sehingga mahasiswa dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak. Dalam kegiatan harian individu, mahasiswa mengisi logbook harian dengan rutin berdasarkan target dalam indikator. Mahasiswa juga membuat berita dan video secara berkelompok sehingga dapat berinteraksi dengan baik secara sosial. Evaluasi kegiatan dilakukan secara mingguan dan di akhir kegiatan diselenggarakan lokakarya online dengan melibatkan dosen pembimbing dan dosen penggerak. Mahasiswa dapat mengajukan uji sertifikasi pengendara traktor dengan bimbingan staf di UP3Jonggol. Dr. Iwan Prihantoro SPt., MSi selaku direktur UP3Jonggol berharap, “Aktivitas mahasiswa akan menjadi penggerak berbagai kegiatan di UP3Jonggol dalam memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia.”