//Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi

Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia dan Kemenristekdikti telah bekerjasama menyelenggarakan “Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi” pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2019 di Salak Tower Hotel, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh editor jurnal ilmiah yang belum terakreditasi yang masuk dalam kelompok SINTA 3 sampai 6.

Kegiatan workshop dihadiri oleh 46 editor jurnal dari 51 editor yang diundang yang belum diakreditasi dan berasal dari SINTA 3 sampai SINTA 6. Peserta adalah editor jurnal yang berasal dari bidang ilmu eksakta dan ilmu sosial. Narasumber pada kegiatan ini adalah para ahli di bidang pengelolaan jurnal yang telah berhasil mengelola jurnal ilmiah nasional menjadi jurnal internasional.

Materi workshop disampaikan selama dua hari, yaitu pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2019. Registrasi peserta dan tamu undangan pada hari pertama dimulai pukul 12.00 WIB. Acara dimulai pada pukul 13.00 diawali dengan sambutan oleh Ketua Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) dilanjutkan dengan pembukaan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Materi pada hari pertama disampaikan mulai pukul 13.30 berturut-turut adalah Kebijakan Kemenristekdikti dalam pengelolaan jurnal ilmiah, Penggunaan OJS dalam pengelolaan jurnal ilmiah (Prof. Dr. Istadi, Universitas Diponegoro), Strategi indeksasi pada lembaga pengindeks bereputasi (Dr. Tole Sutikno, Universitas Ahmad Dahlan), dan etika publikasi (Dr. Ide Bagus Siaputra, Universitas Surabaya). Materi pada hari kedua terdiri atas Tugas dan peran editor (Prof. Dr. Komang G. Wiryawan, Institut Pertanian Bogor), Review manuskrip ilmu eksakta dan identifikasi plagiarism (Prof. Dr. Wasmen Manalu, Institut Pertanian Bogor), Review manuskrip ilmu sosial dan identifikasi plagiarism (Prof. Ali Saukah, Universitas Malang), dan otomatisasi referensi (Dr. Anuraga Jayanegara, Institut Pertanian Bogor). Materi disampaikan dalam bentuk presentasi dan praktek/diskusi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para editor jurnal ilmiah dapat meningkatkan kapasitas dalam melakukan proses pengelolaan secara online, memahami tugas dan peran editor, etika publikasi, panduan dalam review manuskrip, otomatisasi referensi, serta indeksasi jurnal menuju jurnal nasional terakreditasi.

sumber : 

TAGS: