//Dosen INTP Mengajak Petani dan Peternak Kabupaten Semarang Budidaya Indigofera

Dosen INTP Mengajak Petani dan Peternak Kabupaten Semarang Budidaya Indigofera

7 Maret 2019 Salah satu Dosen Departemen INTP yairu Prof.Dr.Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr menjadi narasumber dalam acara seminar “Strategi Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pertanian-Peternakan” yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang.

Prof. Luki menuturkan bahwa kandungan nutrisi pakan sangat penting dalam menentukan produksi ternak. Indofera hadir menjadi salah satu alternatif hijauan pakan yang yang memiliki kandungan padat nutrisi. Indigofera juga menjadi solusi bagi peternak yang ketergantungan terhadap pakan impor, dimana setiap tahun nya harga pakan tersebut akan semakin meningkat.

Indofera merupakan leguminosa yang mundah tumbuh sekalipun pada musim kemarau. kelebihan lainnya indofera masa pertumbuhan kembali setelah pemangkasan relatif cepat yaitu 40 hari. indofera bisa diberikan kepada berbagai macam ternak, tidak hanya ruminansia tetapi juga ayam ataupun kelinci juga bisa diberikan.

sumber : Haris https://jateng.tribunnews.com/2019/03/07/guru-besar-ipb-ajak-ratusan-petani-dan-peternak-kabupaten-semarang-budidaya-indigofera?page=2.
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah