//Dosen Mengabdi : “Pelatihan Manajemen Pemeliharaan dan Kesehatan Ternak secara Umum”

Dosen Mengabdi : “Pelatihan Manajemen Pemeliharaan dan Kesehatan Ternak secara Umum”

BOGOR, LPPM IPB melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, dosen mengabdi secara Daring via Google Meet bagi peternak sapi dan kambing di Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan pada sabtu, 08 Agustus 2020. Kegiatan tersebut terintegrasi dengan program kegiatan mahasiswa KKN-T. Salah satu dosen Departemen INTP,yaitu Dr.Ir. Lilis Khotijah, M.Si dihadirkan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.Dalam kegiatan ini juga dihadiri narasumber Dr. drh. Mokhamad Fakhrul Ulum yang menyampaikan materi terkait keseharan ternak.

Berbagai kondisi peternak di lapangan yang masih membutuhkan berbagai wawasan terkait pengelolaan ternak, menjadi dasar utama kegiatan yang terselenggara bertemakan . Pada kesempatan tersebut, Dr.Ir.LilisKhotijah,MSi memberikan penjelasan mengenai strategi pemberian pakan pada ternak ruminansia yang sesuai dengan potensi genetik dan pemanfaatan sumberdaya lokal.

Tujuan utama usaha peternakan adalah untuk menghasilkan ternak yang sehat, berkualitas serta memiliki produktivitas tinggi, dimana kondisi tersebut dapat menghasilkan produk yang aman untuk dikonsumsi manusia. Untuk mencapai kondisi tersebut perlu diperhatikan manajemen pemeliharaan, genetik ternak serta strategi pemberian pakan yang baik.

Melalui kegiatan dosen mengabdi yang telah terselenggara,diharapkan para peserta dapat mengembangkan kemampuan beternak agar dapat mengoptimalisasi pola beternak, sehingga peternak dapat memperbaiki perekonomiannya yang sesuai dengan target pemeliharaan yang telah ditentukan.