//Online Course Series: Pengenalan R: Analisis Data Hijauan Pakan

Online Course Series: Pengenalan R: Analisis Data Hijauan Pakan

Bogor, 18-19 Mei 2020, di tengah maraknya pandemic covid 19, Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) membuat gebrakan baru dengan meluncurkan Online Course Series dengan menggunakan otomatisasi sistem dari mulai registrasi, pengiriman e-tiket, modul hingga e-sertifikat para peserta.  Online Course Seri I yang diselenggarakan mengambil topik “Pengenalan R: Analisis Data Hijauan Pakan” dengan narasumber adalah Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari SPt., MSi.

Dalam Online Course Series ini hadir 100 peserta dari Sabang sampai Merauke.  Sekitar 70% peserta adalah dosen dari berbagai universitas di Indonesia, 25% peneliti dari berbagai balai penelitian dan 5%nya adalah mahasiswa.  Bahkan ada peserta dari UK yang merupakan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan pasca sarjana.

“R merupakan software gratis yang memiliki kemampuan untuk membantu analisis berbagai data dan visualisasi hasil analisis dengan sangat baik.  Di beberapa perguruan tinggi di luar negeri, saat ini R menjadi salah satu prasyarat sebagai mahasiswa pasca sarjana, terutama S3,” papar narasumber pada saat pengenalan R.  Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini meliput materi Pengenalan dan Instalasi R serta paket analisis pada hari pertama, dilanjutkan dengan Perparasi Data dan Analisis Varian serta uji lanjutnya pada hari kedua.  Selain itu disediakan waktu turorial dan diskusi selama 1 minggu melalui wa-grup.

Peserta umumnya merasa puas dan mendapatkan ilmu selama pelatihan ini. “Informasi/manual instalasi R yang dibuat Ibu Nur sudah sangat simpel dan mudah dipahami,” kata Dr.Ir. Sulastri, M.P, dosen dari Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung.  Para peserta berharap akan ada rangkaian Online Course Series untuk level berikutnya sehingga dapat mengasah kemampuan dalam analisis data dengan R.