//Feed Formulation Training 2019: Formulasi Ransum Unggas Lokal Berbasis Winfeed

Feed Formulation Training 2019: Formulasi Ransum Unggas Lokal Berbasis Winfeed

12-13 Oktober 2019, Himasiter menyelenggarakan pelatihan formulasi pakan ternak untuk masyarakat bertempat di Gedung Komputer FEM dan Ruang Sidang Fapet.  Pelatihan ini diselenggarakan setiap tahun untuk memberikan dasar ilmu dan teknik formulasi pakan dengan menggunakan perangkat komputer. Peserta tahun ini mencapai 52 orang yang berasal dari berbagai lembaga negara, swasta maupun masyarakat peternak. Tema pelatihan tahun 2019 adalah “Formulasi Ransum Unggas Lokal (Bebek, Ayam Kampung, Itik dan Puyuh) Berbasis Winfeed dengan Metode Self Mixing dan Rapid Test Quality Control”.

Kegiatan pelatihan menghadirkan trainer-trainer yang ahli dalam bidangnya, diantaranya: Prof. Dr. Ir. Nahrowi, M.Sc, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc, Agr, Prof. Dr. Ir. Sumiati, M.Sc, Intan Nursiam, S.Pt, M.Si, Ida M. L. Hutabarat, S.Pt, M.Si. Pelatihan formulasi ransum tahun ini menggunakan teknik formulasi pakan berbasis software, dengan teknik tersebut akan memudahkan pelaku usaha peternakan dalam menyusun ransum karena tidak memerlukan biaya yang mahal dan dapat dengan mudah melakukan penyesuaian formulasi.

Tahun ini hal yang baru diperkenalkan adalah Rapid Test Quality Control di mana pelaku usaha peternakan dapat mengetahui dengan cepat kualitas dari bahan baku yang akan digunakan dalam memformulasikan pakan melalui uji cepat.  Peserta merasa puas dengan pelatihan yang diselenggarakan dan berharap akan dapat berpartisipasi pada pelatihan berikutnya dengan tema yang terbaru.

Nur Rochmah Kumalasari