//Himasiter IPB Kembali Menyelenggarakan Feed Formulation Training 2019

Himasiter IPB Kembali Menyelenggarakan Feed Formulation Training 2019

Bogor (13/09/2019) Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER) IPB akan menyelenggarakan kembali kegiatan Feed Formulation Training (FFT). Sejak diselenggarakan untuk pertama kalinya, kegiatan FFT kini telah memasuki tahun ke-14 pada tahun 2019. FFT merupakan kegiatan pelatihan formulasi ransum tahunan yang rutin diselenggarakan oleh IPB. Setelah sukses di tahun 2018 dengan tema “Formulasi Ransum Ruminansia Berbasis Website dalam pembuatan silase ransum komplit” dengan diikuti oleh 41 peserta yang berasal dari peternak rakyat, badan pemerintah, balai-balai peternakan seluruh Indonesia dan mahasiswa, tahun ini FFT 2019 kembali menyelenggarkan dengan tema “Formulasi Ransum Unggas Lokal (Bebek, Ayam Kampung, Itik dan Puyuh Berbasis Winfeed dengan Metode Self Mixing dan Rapid Test Quality Control”.

Kegiatan FFT 2019 ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Oktober 2019 bertempat di Gedung Komputer FEM dan Ruang Sidang Fapet. Kegiatan pelatihan akan menghadirkan trainer-trainer yang ahli dalam bidangnya, diantaranya: Prof. Dr. Ir. Nahrowi, M.Sc, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc, Agr, Prof. Dr. Ir. Sumiati, M.Sc, Intan Nursiam, S.Pt, M.Si, Ida M. L. Hutabarat, S.Pt, M.Si.

Kegiatan ini akan dibuka bagi 50 pendaftar. Pelatihan formulasi ransum tahun ini menggunakan teknik formulasi pakan berbasis software, dengan teknik tersebut akan memudahkan pelaku usaha peternakan dalam menyusun ransum karena tidak memerlukan biaya yang mahal dan dapat dengan mudah melakukan penyesuaian formulasi. Selain itu tahun ini ada hal yang baru yaitu Rapid Test Quality Control yang mana pelaku usaha peternakan dapat mengetahui dengan cepat kualitas dari bahan baku yang akan digunakan dalam memformulasikan pakan melalui uji cepat.

 

HIMASITER