//The Third Summer Course Program: Exotic Tropical Animal Nutrition and Feed Technology

The Third Summer Course Program: Exotic Tropical Animal Nutrition and Feed Technology

 

Senin, 22 Juli 2019, Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan memyelenggarakan pembukaan The Third Summer Course Program dengan topik Exotic Tropical Animal Nutrition and Feed Technology. Program ini akan diselenggarakan hingga tanggal 30 Juli 2019 dengan lokasi kegiatan di Bogor dan Bali. Program ini bekerjasama dengan Fakultas Peternakan, Universitas Udayana.

Peserta Program Summer Course ini berasal dari berbagai negara, yaitu Malaysia, Taiwan, Thailand dan Filipina. Universitas yang mengirimkan mahasiswa adalah Tunghai University, Maejo University, Universiti Putra Malaysia, Universiti Malaysia Sabah, University of Los Banos dan Universitas Haluoleo.  Dua peserta dari Malaysia telah mengikuti kegiatan ini tahun lalu dan kembali mendaftar pada tahun ini.

Program Summer Course ini terdiri dari 7 perkuliahan dan 7 kunjungan lapang. Materi perkuliahan meliputi keragaman bahan pakan tropis; keragaman hijauan tropis; teknologi pengolahan pakan (wafer); manajemen pemberian pakan domba Garut, kambing Gembrong, sapi Bali, dan kerbau Makepung; manajemen konservasi jalak Bali dan rusa totol. Perkuliahan diberikan oleh dosen dari luar IPB yaitu Dr. Somkiert Prasanpanich (Kasetsart University), Dr. Yuanyu Lin (Tunghai University), Dr.drh Artha Putra (Universitas Udayana), beserta dosen IPB yaitu Dr. Burhanuddin Masy’ud, Dr. Asep Sudarman, Dr. Anuraga Jayanegara, Prof. Yuli Retnani, Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari dan Arif Darmawan SPt., MSi.

Peserta merasa puas dan berharap mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam kegiatan summer course, baik itu ilmu pengetahuan, pengalaman, dan persahabatan.

nur.rochmah.kumalasari