//Kurikulum Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura di Departemen INTP Terdepan di ASEAN

Kurikulum Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura di Departemen INTP Terdepan di ASEAN

Pada hari Rabu Kamis, 24-25 April 2019, Departemen INTP diundang oleh SEARCA untuk memaparkan kurikulum dan penelitian Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura dalam ‘Roundtable Discussion on Pasture and Forage Crops’ di University of Philippines Los Banos. Departemen INTP menugaskan Prof.Dr.Ir. Luki Abdullah MSc.Agr dan Dr.rer.nat Nur Rochmah Kumalasari SPt., MSi untuk hadir dalam kegiatan yang dihadiri pula delegasi dari Kasetsart University (KU), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universiti Putra Malaysia (UPM), dan University of the Philippines Los Baños.

Departemen INTP memiliki kurikulum yang pengembangan pastura dan hijauan pakan yang lengkap dan berkesinambungan dalam program sarjana dan pasca sarjana.  Departemen INTP menawarkan lima mata kuliah di program sarjana, yaitu Pengantar Ilmu Pastura, Pengantar Bioteknologi Tumbuhan Pakan, Manajemen Pastura, Ekologi Pastura dan Perencanaan Penyediaan Hijauan Pakan.  Pada program master terdapat lima mata kuliah dan program doktor menawarkan 4 mata kuliah yang lebih mendalam.

Penelitian pastura dan hijauan pakan yang dilakukan di Departemen INTP mencakup eksplorasi hijauan pakan, bioteknologi tumbuhan pakan, produksi benih dan pemuliaan tanaman pakan, manajemen produksi hijauan pakan, hingga peranan hijauan pakan dan pastura secara sosial dan ekologis.  Penelitian dengan topik tersebut senantiasa diminati mahasiswa, baik program sarjana maupun pascasarjana.  Dalam 3 tahun terakhir, sekitar 17-21 orang mahasiswa sarjana dan 8-12 mahasiswa pascasarjana melakukan penelitian di bidang ini.

Roundtable ini mendapatkan pendanaan dari Food Security Center (FSC), University of Hohenheim di bawah program EXCEED – Higher Education in Development Cooperation dari German Federal Ministry for Cooperation and Development (BMZ) melalui German Academic Exchange Service (DAAD).