//Bagaimana Sapi Menghasilkan Susu?

Bagaimana Sapi Menghasilkan Susu?

Sapi termasuk kelompok hewan yang disebut ruminansia. Hewan ruminansia adalah hewan yang memiliki empat buah perut yang memainkan peran berbeda dalam pencernaan makanan. Empat buah perut pada ruminansia adalah: rumen, retikulum, omasum, dan abomasum.

Sapi memulai proses menghasilkan susu dengan mengunyah rumput secara kasar sebelum menelannya ke dalam lambung pertamanya – rumen. Rumput bercampur dengan air dalam rumen dan kemudian dipecah oleh bakteri khusus. Setelah rumput dipecah, selanjutnya  rumput memasuki perut kedua – reticulum.

Pada bagian reticulum, rumput dilunakkan dan dibentuk menjadi gumpalan kecil yang disebut cud. cud kemudian dikeluarkan kembali ke mulut sapi di mana kemudian cud dikunyah lagi sampai sangat lunak sekitar satu menit. Sapi kemudian menelan ulang cud ke bagian perut ketiga – omasum. Di sana, ditekan untuk menghilangkan air dan dipecah lebih jauh. Akhirnya, cud memasuki kompartemen perut keempat, abomasum, untuk dicerna. Rumput yang dicerna kemudian melewati usus kecil di mana nutrisi penting tetap menjaga sapi tetap kuat dan sehat.

Nutrisi yang diterima sapi dari makan rumput kemudian diubah menjadi susu oleh empat kelenjar susu di ambing setelah sekitar 2 atau 3 hari. Setelah nutrisi berubah menjadi susu, sapi-sapi itu kemudian siap untuk menghasilkan susu.