SEAASS-Net

South East Asia Animal Science Student Networking (SEAASS-Net) merupakan wadah komunikasi mahasiswa peternakan se-Asia Tenggara yang lahir pada 10 Oktober 2012. Saat itu sebanyak 13 perwakilan dari berbagai universitas di Indonesia, yaitu Politeknik Jember, IPB, UGM, UIN SUSKA Riau, UMM, Unja, Unila, Unisla, Unisma, Universitas Kanjuruhan Malang, Unpad, Unsoed, dan Unram, hadir mengikuti proses deklarasi SEAASS-Net yang diselenggarakan di Fakultas Peternakan IPB yang ditandai dengan dihasilkannya Deklarasi Bogor. Kegiatan perdana yang dilakukan adalah International Feed Seminar (IFS) pada 10 Oktober 2012 dengan tema “Integration of Livestock Production and Oil Palm Plantation”,  sebagai hasil kerja sama antara Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (Himasiter) Fapet IPB dan SEAASS-Net.

 

 

Tujuan didirikannya SEAASS-Net adalah 1) menjalin jalur komunikasi dan informasi antar mahasiswa peternakan se-Asia Tenggara untuk keperluan kerja sama di bidang akademik yang saling menguntungkan, 2) mengkaji dan memberikan solusi terhadap isu-isu di bidang peternakan, 3) memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat di bidang keilmuan peternakan.

Program kerja utama tahunan SEAASS-Net adalah annual meeting yang meliputi kegiatan utama berikut, yaitu internship, paper presentation, dan general assembly. Keunikan yang dimiliki oleh kegiatan SEAASS-Net adalah adanya internship yang diselenggarakan oleh host dengan lama waktu minimal satu minggu. Melalui annual meeting juga masing-masing pengurus SEAASS-Net universitas akan mempresentasikan program  pengabdian desa (community development) yang sudah dilaksanakan di daerah masing-masing selama satu tahun.

Acara 1st Annual Meeting of SEAASS-Net yang dilaksanakan di UiTM Perlis tahun ini menjadi model untuk Annual Meeting of SEAASS-Net tahun depan melalui beberapa perbaikan tentunya. Kehadiran dan keterlibatan aktif dari berbagai universitas se-Asia Tenggara di annual meeting tahun depan sangat diharapkan sehingga anggota SEAASS-Net akan semakin meluas dengan peran yang dihasilkan lebih signifikan. (Acep/igp)

Contact person

Director of SEAASS-Net

Amalia Ikhwanti (amalia.ikhwanti@yahoo.com)